ANALISA DAN KOORDINASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL (Studi : Simpang Presiden dan Simpang DPR jalan Khatib Sulaiman)

Authors

  • Ezil Indrayani Universitas Bung Hatta
  • Mufti Warman Hasan Universitas Bung Hatta
  • Rita Anggarini Universitas Bung Hatta

Abstract

Menurut data statistik BPS kota Padang sebesar 913,45 pada tahun 2021, kota Padang adalah ibu kota paling banyak menggunakan kendaraan pribadi. Dan Pada simpang Presiden dan Simpang DPR merupakan lokasi yang sering terjadinya macet. Salah satu jenis desain jalan yang dapat membantu mengurangi penundaan dan antrean kendaraan bermotor adalah koordinasi simpang antar simpang bersinyal. Pada penelitian ini menganalisa lalu lintas dan trasportasi pada simpang Presiden dan Simpang DPR, dengan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2021. Pada simpang pendekatan jalan Jhoni Anwar Utara Simpang Presiden Dearajat Jenuh = 0,83, panjang antrian 33 m, tundaan = 85 detik/skr dan pada simpang DPR jalan S. Parman Utara derajat kejenuhan = 0,723, Panjang Antrian= 40m, tundaan = 30 detik/skr. Kata kunci : Koordinasi simpang bersinyal, PKJI 2014

Downloads

Published

2023-09-28