ANALISIS KERUSAKAN PERMUKAAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX.(IRI) Studi Kasus : Jalan Nasional Sijunjung, Sumatera Barat (Seksi Tanah Badantuang-Kiliranjao STA 110+000-116+000)

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Bung Hatta
  • Eva Rita Universitas Bung Hatta
  • Eko Prayitno Universitas Bung Hatta

Abstract

Akibat rusaknya permukaan ,jalan banyak menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkendaraan serta banyak menimbulkan kecelakaan, yang dimana volume lalu lintas yang tinggi, saluran drainase yang tidak berfungs dan beban kendaraan yang berlebihan. Penelitian ini dilakukan identifikasi kondisi kerusakan jalan pada Tanah Badantuang-Kiliranjao STA 110+000-116+000 menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index) dan International_Roughness0Index (IRI).,untuk mengetahui jenis dan luas kerusakan serta.penanganannya. Hasil penelitian kerusakan jalan metode’PCI adalah 52,4 dengan tingkat kerusakan sedang (fair) dan metode IRI adalah 6,6 dengan tingkat9kerusakan jalan sedang (fair). Dari kedua0metode tersebut hasil penanganan5yang tepat untuk mengatasi kerusakan pada jalan-yaitu pemeliharaan berkala. Kata kunci : Jalan, Kerusakan, PCI, IRI

Downloads

Published

2023-09-30