TINJAUAN ULANG PERHITUNGAN GEOMETRIK DAN PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PROYEK JALAN SIMPANG HARU PADANG ((STA 22+081 S//D STA 23+500))

Authors

  • suci ramadhani
  • hendri Warman
  • khadavi khadavi

Abstract

Abstrak
Jalan Simpang Haru Padang ini merupakan salah satu akses penghubung antara kota Padang dan Solok, dimana untuk mendorong sektor perekonomian masyarakat sangat diperlukan saran dan prasarana transportasi yang memadai.Maka perlu dilakukan peningkatan terhadap jalan sehingga bisa memberikan pelayanan lalu lintas yang optimal. Berdasarkan data sekunder yang ada, penulis melakukan perhitungan perencanaan terhadappembangunan jalan Simpang Haru Padang. Tinjauan geometrik berupa perencanaan terhadap alinyeman horizontal dan alinyemen vertikaldengan menggunakan metoda Bina Marga dalam Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota (TPGJAK). Perencanaan tebal perkerasankaku (rigid pavement)menggunakan Metoda Portland Cement yang dikeluarkan Bina Marga. Perencanaan geometrik alinyeman horizontalyang mempunyai 22 tikungan, terdapat 19 tikungan Full Circle (FC)dan 3 tikungan Spiral Circle Spiral (SCS). Pada lengkung vertikal terdapat 19 bentuk lengkung, 11 lengkung cembung dan 8 lengkung cekung. Perencanaan tebal perkerasandidapat yaitu 100 mm lantai kerja, tebal perkerasan beton 220 mm beton K 350, dan hasil perhitungan tulangan d32 tulangan dowel, d12 tulangan tie bars. Dari hasil perhitungan yang didapatkan maka terdapat beberapa perbedaan perhitungan yaitu pada tebal perkerasan,diameter tulangan, serta jarak antara tulangan dimana perhitungan penulis lebih ekonomis dan efesien.
Kata kunci : Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Tebal Perkerasan Jalan,Tulangan

Downloads

Published

2013-03-18