PERENCANAAN ULANG GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN ( FLEXIBLE PAVEMENT ) (STUDI KASUS : RUAS JALAN TELUK BAYUR – NIPAH STA 0+000 – 5+600 )

Authors

  • Adytia Heriangga Putra Universitas Bung Hatta
  • Bahrul Anif Universitas Bung Hatta
  • Eva Rita Universitas Bung Hatta

Abstract

Ruas jalan Teluk Bayur – Nipah merupakan akses utama menuju kawasan objek wisata. Berdasarkan peninjauan terdapat alinyemen jalan yang tidak memenuhi PDGJ 2021. Agar memberikan kenyamanan dan keamanan maka, diperlukan perencanaan ulang jalan. Metode yang digunakan menggunakan PDGJ 2021 untuk geometrik jalan, MDPJ 2017 untuk tebal perkerasan dan RDE-07 untuk drainase jalan. Hasil perencanaan ulang alinyemen horizontal didapat 34 tikungan yang terdiri 10 tikungan FC dan 24 tikungan SCS. Pada alinyemen vertikal didapat 25 PVI, diantaranya 11 PVI cembung dan 14 PVI cekung. Hasil tebal perkerasan didapat AC-WC 40mm, AC-BC 60mm, AC-Base 80mm dan LFA 300mm. Perencanaan drainase direncanakan berpenampang persegi. Kata kunci : Peninjauan Geometrik Jalan, Perkerasan Jalan, Drainase

Published

2023-10-03