STUDI PENILAIAN KONDISI KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGUNAKAN METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN METODE PAVEMENT CONDITIONINDEX (PCI) Studi Kasus : Ruas Jalan Pulau Sangkar - Sungai Hangat , Kerinci (STA 9+500 - 14+500)

Authors

  • Abil Yourman Universitas Bung Hatta
  • Taufik Universitas Bung Hatta

Abstract

Ruas jalan Pulau sangkar - Sungai Hangat merupakan bagian dari jalan provinsi yang terhubung langsung ke jalan nasional, yakni ruas Jalan Kerinci – Jambi. Jalan ini juga berfungsi sebagai akses jalan utama bagi penduduk setempat ke Kota Sungai Penuh dan tempat agrowisata jeruk Gerga. Saat ini, jalan tersebut mengalami penurunan kualitas yang terlihat dari kondisi permukaan jalan. Oleh karena itu, dilakukan analisa kerusakan jalan dengan menggunakan metode penliaian kerusakan jalan,yaitu metode International Roughness Index (IRI) dan Pavement Condition Index (PCI) untuk mengevaluasi kondisi jalan dan menentukan jenis penanganannya. Hasil analisis menunjukkan bahwa kerusakan jalan meliputi lubang,kulit buaya dan retak pinggir. Tingkat kerusakan keseluruhan permukaan jalan tercatat dengan nilai IRI sebesar 6,60 dan PCI sebesar 43,46, yang menunjukkan kondisi jalan sedang (fair) dan perlu dilakukan penanganan berdasarkan tingkat kerusakan yaitu pemeliharaan berkala. Kata kunci : IRI , Kerusakan Jalan , PCI

Downloads

Published

2024-11-25