ANALISA KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN SDI (SURFACE DISTRESS INDEX) (Studi kasus : Ruas jalan lintas pekanbaru – taluk kuantan, kabupaten Kuantan Singingi km 125+000 – km 126+000 dan km 127+000 –km 131+000)
Abstract
Ruas jalan lintas pekanbaru – taluk kuantan merupakan jalan provinsi yang menghubungkan antara kota pekanbaru dan kabupaten kuantan singingi, jalan tersebut sering dilalui oleh kendaaran bermuatan berlebih sehingga mengakibatkan kerusakan jalan yang dapat mengganggu kenyamanan dan keselamatan bagi pengendara yang melewati jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lapisan perkerasan jalan sesuai dengan jenis, tingkat dan dimensi kerusakan yang terjadi serta dapat menentukan pemeliharaannya dan menentukan anggaran biaya perbaikan jalan lintas pekanbaru - taluk kuantan. Penelitian dilakukan dengan cara survey kelapangan untuk mendapatkan data primer sehingga dapat dijadikan acuan untuk perhitungan dan pemeliharaan perkerasan jalan. Metode yang digunakan adalah metode PCI (Pavement Condition Index) dan SDI (Surface Distress Index). Pada ruas jalan lintas pekanbaru – taluk kuantan didapatkan jenis kerusakan lubang, alur, pelepasan butir, amblas, retak kulit buaya, retak pinggir, dan retak memanjang. Nilai kondisi kerusakan perkerasan jalan dengan metode PCI rata-rata didapat hasil 76,82 dengan kondisi sangat baik dan metode SDI didapat nilai 30,95 yang berarti dalam kondisi baik, menunjukkan jalan tersebut tergolong dalam pemeliharaan rutin. Total anggaran dalam perbaikan jalan tersebut sebesar Rp. 19.977.088.000,-. Kata kunci : metode PCI, metode SDI, anggaran perbaikanDownloads
Published
2024-11-25
Issue
Section
Articles