ANALISIS KERUSAKAN DAN PERBAIKAN RUNWAY BANDAR UDARA INTERNATIONAL MINANGKABAU DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)

Authors

  • Hani Fatul Ami Universitas Bung Hatta
  • Evince Oktarina Universitas Bung Hatta

Abstract

Bandara International Minangkabau yang memiliki luas runway 3000 m x 45 m perlu dilakukan pemantauan dan penilaian secara berkala karena bertambahnya jumlah penerbangan dan beban operasional. Untuk melihat kondisi perkerasan runway dilakukan salah satu metode penilaian Pavement Condition Index yang memiliki tiga parameter yaitu tipe kerusakan, tingkat keparahan kerusakan dan jumlah kerapatan kerusakan. Nilai PCI (Pavement Condition Index) didapat berdasarkan metode ASTM D-5340-12 (Standart Test Method For Airpost Pavement Condition Index Survey). Hasil penelitian dari perkerasan runway bahwa memiliki nilai ratarata PCI 99% dalam kondisi baik (good). Dengan masing-masing 25 segmen kerusakan Patching, 8 segmen kerusakan Long & Trans Carcking, 4 segmen kerusakan Deppression, dan 2 segmen kerusakan Alligator Cracking. Dan kerusakan yang memerlukan perbaikan dapat dilakukan dengan Patching dengan alat Cold Milling Machine dengan rencana anggaran biaya perbaikan sebesar Rp. 67.567.920.00 (Enam Puluh Tujuh Juta Lima Ratus Enam Puluh Tujuh Ribu Sembilan Dua Puluh Rupiah). Kata Kunci : Metode Pavement Condition Index, ASTM D5340-12, Bandara, Landas Pacu

Downloads

Published

2024-11-25