ANALISI KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN BINA MARGA UNTUK RUAS JALAN SICINCIN – KURAI TAJI STA 54+000 – 59+000
Abstract
Jalan Sicincin-Kurai Taji berperan sebagai jalur transportasi utama yang menghubungkan Kota Pariaman dan kawasan Sicincin, melayani berbagai jenis kendaraan mulai dari kendaraan ringan hingga kendaraan berat. Saat ini, ruas jalan tersebut telah mengalami degradasi kualitas yang terlihat jelas pada kondisi permukaannya. Untuk mengevaluasi tingkat kerusakannya, dilakukan kajian menggunakan tiga metode pengukuran: Pavement Condition Index (PCI), International Roughness Index (IRI), dan standar Bina Marga. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, teridentifikasi beberapa tipe kerusakan seperti retak memanjang, retak kulit buaya, lubang, dan tambalan. Hasil analisis menunjukkan nilai PCI sebesar 76,53 yang mengindikasikan kondisi jalan dalam kategori sangat baik (very good). Sementara itu, pengukuran IRI menghasilkan nilai 7,45 yang menggolongkan jalan dalam kondisi sedang dan memerlukan pemeliharaan berkala. Penilaian menurut standar Bina Marga menghasilkan nilai lebih dari 7, menempatkan jalan ini ke dalam program pemeliharaan rutin.Terkait sistem drainase, saluran yang ada berbentuk persegi dengan dimensi panjang 1 meter, lebar 0,7 meter, dan tinggi jagaan 0,5 meter. Saluran ini memiliki kapasitas pengaliran sebesar 1,642 m³/detik. Kata Kunci: Kerusakan Jalan, PCI, IRI, Bina MargaDownloads
Published
2025-05-07
Issue
Section
Articles