ANALISA KERUSAKAN JALAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE INTERNASIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) DAN BINA MARGA BESERTA PENANGANANNYA

Authors

  • Indah Purwaningsih Universitas Bung Hatta
  • Eva Rita Universitas Bung Hatta

Abstract

Prasarana jalan yang terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan dapat menyebabkan terjadi penurunan kualitas jalan. Beban kendaraan berlebih dan saluran drainase yang tidak berfungsi mengakibatkan terjadinya kerusakan pada Perkerasan Jalan Lintas Padang – Solok Selatan – Kerinci pada STA 35+000 – 40+000. Perlu dilakukan analisa kondisi kerusakan jalan dengan menggunakan metode Internasioanal Roughness Index (IRI) dan Bina Marga dan penangananya. Hasil penilaian kerusakan jalan berdasarkan metode IRI adalah 5,83 yang berarti tingkat kemantapan berada kategori jalan mantap dan berdasarkan metode Bina Marga diperoleh urutan prioritas 6 dengan tindakan penangananya pemeliharaan berkala. Untuk desain perkerasan menggunakan metode manual desain perkerasan jalan No/03/M/BM/2024 diperoleh AC-WC 40 mm, AC-BC 60 mm, AC-Base 100 mm, CTB 150 mm,lapis fondasi aggregate kelas B 150 mm dan LFA atau stabilitas semen 200 mm. Saluran drainase direncanakan penampang persegi, dengan dimensi tinggi 0,82 m dan lebar 0,5 m, tinggi jagaan 0,6 dan besar debit rencana (Q) = 2,38 m3/detik. Rencana anggaran biaya (RAB) diperoleh dari perhitungan volume kerusakan sesuai data yang telah dihitung sebelumnya dan menghitung biaya penanganan dari analisa kerusakan jalan yang ditinjau sebesar Rp.14.928.252.342. Kata Kunci: Kerusakan Jalan, IRI, Bina Marga, Penanganannya

Downloads

Published

2025-05-07