EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN SEBAGAI DASAR PENENTUAN PERBAIKAN JALAN PROVINSI PADA RUAS JALAN PANTI-SIMPANG IV KABUPATEN PASAMAN STA 203+000 – 208+000 DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI), BINA MARGA DAN INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI

Authors

  • Mendra Gusrian Universitas Bung Hatta
  • Eko Prayitno Universitas Bung Hatta

Abstract

Kondisi jalan yang baik sangat penting untuk menunjang mobilitas dan keselamatan pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kerusakan jalan sebagai dasar penentuan perbaikan pada ruas Jalan Panti–Simpang Empat STA 203+000 – 208+000 di Kabupaten Pasaman. Evaluasi dilakukan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI), Bina Marga, dan International Roughness Index (IRI) untuk memperoleh gambaran objektif mengenai kondisi jalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa ruas jalan ini mengalami berbagai jenis kerusakan, seperti tambalan, lubang, retak buaya, retak pinggir, retak memanjang, amblas, dan gelombang. Nilai PCI yang diperoleh adalah 46,9 (kategori pemeliharaan berkala), nilai Bina Marga adalah 4 (pemeliharaan rutin), dan nilai IRI sebesar 2,68 (pemeliharaan berkala). Selain itu, ditemukan bahwa sistem drainase di lokasi penelitian tidak berfungsi dengan optimal akibat penyumbatan dan pengendapan sedimen, yang menyebabkan air meluap ke badan jalan dan mempercepat kerusakan perkerasan. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan agar instansi terkait meningkatkan pemeliharaan jalan secara rutin dan berkala serta memperbaiki sistem drainase untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Kata Kunci: Kerusakan jalan; Pavement Condition Index (PCI); Bina Marga; International Roughness Index (IRI)

Downloads

Published

2025-05-07