PERENCANAAN ULANG GEOMETRIK JALAN RAYA DAN PERKERASAN PADA RUAS JALAN BUNGO TANJUNG – TELUK TAPANG KABUPATEN PASAMAN BARAT (STA 13+000 – 18+000)

Authors

  • Muris Augie Alfiqra Universitas Bung Hatta
  • Khadavi Universitas Bung Hatta

Abstract

Ruas jalan Bungo Tanjung – Teluk Tapang di Kabupaten Pasaman Barat berfungsi sebagai penghubung antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Sumatera Utara. Pembangunan jalan ini bertujuan untuk meningkatkan mobilitas penduduk serta mempermudah akses menuju Pelabuhan Teluk Tapang. Untuk pembangunan jalan ini dilakukan sepanjang 5 km dari STA 13+000 – 18+000 dimana perencanaan geometrik jalan ini menerapkan metode Pedoman Desain Geometrik Jalan 2021, Manual Desain Perkerasan Jalan No.03/M/BM 2024 dan AASHTO 2011. Data yang digunakan yaitu data primer untuk mengetahui lebar lajur, bahu jalan, dan jenis lapisan perkerasannya. Data sekunder yaitu data LHR, CBR, dan Topografi. Hasil perencanaan geometrik alinyemen horizontal terdiri dari 11 tikungan Spiral-Circle-Spiral (S-C-S) dan 1 tikungan Full Circle (FC). Pada alinyemen vertikal terdapat 13 lengkung cembung dan 12 lengkung cekung. Untuk tebal perkerasan segmen 1,2,3 diperoleh AC-WC 40mm, AC-BC 60 mm, AC-Base 105 mm, LPA kelas A 300 mm, dan peningkatan tanah dasar 200 mm. Kata Kunci: Geometrik Jalan, Bina Marga, Tikungan, Superelevasi, Perkerasan

Downloads

Published

2025-05-07