ANALISIS KONDISI KERUSAKAN FLEXIBLE PAVEMENT DENGAN METODE BINA MARGA DAN SOFTWARE (PKRMS) PROVINCIAL/ KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM BESERTA PENANGANANNYA (Studi Kasus: Ruas Jalan Simpang Malalak – Padang Luar STA 68+500 - 69+100)
Abstract
Ruas Jalan Simpang Malalak–Padang Luar yang berada di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, menjadi jalur penting terutama setelah putusnya akses utama Padang–Bukittinggi melalui Lembah Anai akibat bencana alam pada Mei 2024. Jalan ini mengalami tekanan lalu lintas yang cukup tinggi, terutama dari kendaraan berat. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan tingkat kerusakan jalan serta memberikan rekomendasi penanganan yang sesuai. Dua metode yang digunakan adalah Metode Bina Marga dan perangkat lunak PKRMS (Provincial/Kabupaten Road Management System). Berdasarkan analisis Metode Bina Marga, ruas jalan ini berada pada urutan prioritas 5, yang termasuk dalam kategori pemeliharaan berkala. Sementara itu, analisis PKRMS menunjukkan kondisi beragam: hasil TTI (Treatment Trigger Index) mengindikasikan kondisi mantap (baik 83,33%, sedang 16,67%) dengan penanganan berupa slurry seal, fog seal, dan chip seal. Namun, hasil SDI (Surface Distress Index) menunjukkan kondisi tak mantap dengan kerusakan berat mencapai 100%, sehingga direkomendasikan penanganan berupa rekonstruksi jalan. Kata Kunci : Urutan prioritas, Tingkat kondisiDownloads
Published
2025-05-07
Issue
Section
Articles