ANALISIS KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE BINA MARGA DAN INDEKS KONDISI PERKERASAN (IKP) PADA RUAS JALAN BY PASS PADANG STA 0+000 – STA 6+000
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keadaan perkerasan Jalan By Pass Padang STA 0+000 – STA 6+000 yang mengalami kerusakan, untuk menyediakan data objektif sebagai dasar perencanaan pemeliharaan jalan yang efisien. Studi ini menerapkan pendekatan perbandingan dengan dua teknik evaluasi: Metode Bina Marga yang mengevaluasi prioritas penanganan berdasar tipe kerusakan dan Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR), serta Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) yang menilai tingkat keparahan permukaan secara kuantitatif. Analisis dijalankan secara terpisah untuk Perkerasan kaku dan Perkerasan lentur, menunjukkan konsistensi yang tinggi antara kedua metode. Sebagai hasilnya, segmen perkerasan kaku memiliki nilai Urutan Prioritas (UP) rata-rata 10 dan IKP rata-rata 96, yang menunjukkan kondisi sangat baik dan memerlukan pemeliharaan berkala. Dengan cara yang sama, perkerasan lentur mendapatkan nilai UP rata-rata 9 dan IKP rata-rata 93, juga dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari studi ini menunjukkan bahwa keadaan jalan secara keseluruhan stabil dan hanya memerlukan tindakan pemeliharaan rutin, seperti penutupan retak dan perbaikan, untuk mencegah kerusakan struktural yang lebih serius dan mempertahankan kelayakan jalan dalam jangka panjang.
Kata kunci : perkerasan jalan, Metode Bina Marga, Indeks Kondisi Perkerasan, kerusakan jalan, pemeliharaan jalan.