PENGARUH FASILITAS U-TURN TERHADAP KINERJA JALAN ( Studi Kasus : Jalan Imam Bonjol, Kisaran, Kabupaten Asahan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keberadaan fasilitas putar balik (U- Turn) terhadap kinerja jalan dengan studi kasus di Jalan Imam Bonjol, Kisaran, Kabupaten Asahan. Latar belakang penelitian ini adalah munculnya permasalahan kemacetan dan tundaan lalu lintas yang sering terjadi, terutama pada jam sibuk, akibat manuver kendaraan yang menggunakan U-Turn di median jalan. Kondisi ini mempengaruhi kelancaran arus lalu lintas dan dapat menurunkan tingkat pelayanan jalan. Metode penelitian meliputi survei lapangan untuk mengumpulkan data geometrik jalan, volume lalu lintas, panjang antrian kendaraan, serta waktu tundaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Pedoman Perencanaan Putar Balik (U-Turn) No. 06/BM/2005 dan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas U-Turn berdampak signifikan terhadap penurunan kecepatan rata-rata, peningkatan panjang antrian, serta bertambahnya waktu tundaan. Berdasarkan temuan ini, disimpulkan bahwa diperlukan perbaikan desain, penataan lokasi, dan manajemen fasilitas U-Turn agar tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan dapat meningkatkan kinerja jalan secara optimal.
Kata Kunci: U-Turn, kinerja jalan, tundaan, panjang antrian, manajemen lalu lintas.