EVALUASI KINERJA LAMPU PENGATUR LALU LINTAS DIGITAL (TRAFFIC LIGHT) PADA PERSIMPANGAN EMPAT LENGAN DENGAN SISTEM EMPAT FASE
Abstract
Kemacetan lalu lintas terjadi akibat volume lalu lintas hampir mendekati kapasitas jalan, dimana tingkat pelayanan dapat dilihat dari nilai Derajat Kejenuhan, yaitu DS= V/C. Idealnya nilai V/C ≤0.75. Dari hasil pengamatan visual penulis, di Kota Padang sudah sering terjadi kemacetan lalu lintas terutama pada jam jam puncak pada ruas ruas jalan tertentu. Salah satu penyebabnya adalah pertumbuhan kendaraan yang tinggi tidak diimbangi oleh pertumbuhan prasarana jalan. Tujuan tulisan ini adalah mengevaluasi kinerja jalan pada persimpangan bersinyal dalam kota Palu sehingga dapat diketahui penyebab dan menemukan solusi pemecahan kemacetan lalu lintas. Survei akan dilakukan untuk mendapatkan data primer dan data sekunder yang dibutuhkan dalam analisa kinerja ruas jalan seperti data lalu lintas, data geometric jalan, hambatan samping. Penelitian dilakukan selama 3 hari pada jam 07.00 – 09.00 Pagi, 11.30 – 13.30 siang, dan 15.30 – 17.30 sore Tulisan ini merekomendasikan beberapa penanganan yaitu mengoptimalkan ruas jalan yang bersinyal dengan menata kembai waktu siklus pada lampu lalu lintas (Traffic light), agar tidak dapat ntrian panjang pada lengan simpang.Katakunci : Volume lalu lintas, kapasitas jalan, kinerja jalan, jam puncak
References
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Bina Marga, "Manual Kapsitas Jalan Indonesia (MKJI)", PT. Bina Karya, Jakarta, 1997
Oglesby, Clarkson H. R, Gary Hicks . (1990). Teknik Jalan Raya. Penerbit Erlangga, jakarta.
Khisty, Jotin, C. B. Kent Lall. Dasar Dasar Rekayasa Transportrasi Edisi 3, Penerbit Erlangga, Jakarta
Downloads
Published
2014-03-14
Issue
Section
Articles