TINJAUAN PERENCANAAN EMBUNG LABUAH KABAU DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Hayati Rahmi
  • Suhendrik Hanwar
  • Hendri Warman

Abstract

Embung adalah bangunan konservasi air berbentuk kolam untuk menampung air hujan dan air limpasan (run off) serta sumber air lainnya untuk mendukung usaha pertanian, perkebunan dan peternakan. Embung akan menyimpan air dimusim hujan dan kemudian air dimanfaatkan dimusim kemarau untuk memenuhi kebutuhan. Untuk memenuhi kebutuhan air tersebut, perlu dicarikan suatu alternative untuk mengatasi kekurangannya terutama disaat musin kemarau. Untuk hal tersebut Pemerintah Pusat dalam hal ini Balai Wilayah Sungai Sumatera V telah membangun sebuah Embung pada daerah Sungai Limau yang dinamakan Embung Labuah Kabau. Berdasarkan data yang ada, penulis mencoba melakukan tinjauan perencanaan terhadap Embung tersebut. Hasil analisa dimensi bangunan diperoleh debit banjir Q100 tahun = 6,567 m3/dt dengan menggunakan metode Rasional dengan tinggi mercu pelimpah 11,5 m, lebar total pelimpah 6 m dengan kapasitas tampung 187.201,56 m3, untuk memenuhi kebutuhan air irigasi seluas 15 ha. Jenis Embung adalah Beton Syklop dengan mercu type Ogee karena sungainya banyak membawa sedimen halus. Embung dilengkapi dengan 1 buah pintu penguras dengan lebar 0,6 m dengan kolam olak USBR tipe III yang panjangnya 5 m. Perhitungan kontrol terhadap aspek-aspek konstruksi dilakukan, seperti: gaya guling, gaya geser, rembesan, daya angkat dan daya dukung tanah. Dari hasil tersebut konstruksi dinyatakan aman.
Kata Kunci : embung, debit banjir rencana, stabilitas embung

References

Dep. Pek. Umum Direktur Jendral Pengairan (1986) Kriteria Perencanaan Irigasi KP-02, KP-03, KP-05 dan KP-06. cetakan I oleh Galang Persada, Bandung.

Dep. Pek. Umum Direktur Jendral Pengairan (1997) Pedoman Membuat Desain Embung Kecil untuk Daerah Semi Kering di Indonesia. Cetakan I oleh PT. Medisa, Jakarta.

Ven Te Chow (1997) Hidrolika Saluran Terbuka, Erlangga, Jakarta

Laurence D. Wesley (2012) Mekanika Tanah untuk Tanah Endapan & Residu, Andi, Yogyakarta.

Ranga Raju, K.G,terjemahan Yan Piter Pangaribua, 1981, Aliran Melalui Saluran, Erlangga, Jakarta.

Triatmojo, Bambang (1993), Hidrolika I, II, Beta Offset, Yogyakarta.

Triatmojo, Bambang (2008), Hidroligi Terapan, Beta Offset, Yogyakarta

Downloads

Published

2014-03-14