PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN JALAN RAYA RUAS JALAN BATANG KAPAS-SURANTIH KABUPATEN PESISIR SELA
Abstract
Jalan raya merupakan fasilitas penting bagi manusia agar dapat mencapai suatu tujuan daerahyang ingin dicapai. Maka sangat dibutuhkan sarana dan prasarana transportasi yang dapat
mempersingkat dan mempercepat waktu tempuh hubungan antar daerah Batang Kapas-
Surantih. Data yang diperlukan untuk mendesain geometrik dan perkerasan ini adalah data
CBR untuk data tanah dengan rata-rata 12,25%, peta topografi, lalu lintas harian 7822
kendaraan/hari, kondisi geometrik yang telah ada dan data-data lain yang dibutuhkan untuk
perencanaan tersebut. Penulisan ini bertujuan untuk mendapatkan desain dari bentuk
geometrik jalan dan juga desain perkerasan dengan dua metode yang digunakan yaitu dengan
metode analisa komponen (Bina Marga) dan metode AASHTO ’93. Dari pengolahan data ini
dapat diketahui bentuk dari alinyement horizontal, vertikal dan perkerasan jalan tersebut.
Sebagaimana hasil yang telah didapatkan yaitu pada alinyemen horizontal terdapat 2 jenis
tikungan tipe spiral-spiral, 2 jenis tikungan tipe spiral-circle-spiral dan 10 lengkung
alinyemen vertikal. Sedangkan pada perkerasan metode Bina Marga dapat dirangkum pada
potongan melintangnya yaitu subbase 10cm, base 20cm, surface 10cm. Metode AASHTO
‘93 yaitu subbase 8,4inch, base 9,5inch, dan 6,6inch untuk surface. Pada perencanaan
kawasan ini diupayakan mendapatkan tikungan yang paling nyaman yaitu tikungan tipe
spiral-circle-spiral dan perkerasan yang efektif dengan metode Bina Marga dan AASHTO
‘93 yang telah memenuhi standar kriteria dari perencanaan.
Kata kunci: Geometrik, Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Perkerasan
References
Hendarsin, Shirley L, Perencanaan Teknik
Jalan Raya: Politeknik Negri Bandung
Jurusan Teknik Sipil, Bandung 2000.
Sukirman, Silvia, Dasar-Dasar Perencanaan
Geometrik Jalan: Nova, Bandung.
Nofrianto, Hendri, Perencanaan Perkerasan
Jalan Raya: Andi, Padang 2013.
Dinas Pekerjaan Umum Direktorat Jendral
Bina Marga, Perencanaan Tebal Lapis
Tambah Perkerasan Lentur dengan
Metode Lendutan, No. Pd T-05-2005-B.
Direktorat Jendral Bina Marga Departemen
Pekerjaan Umum “Pedoman Penentuan
Perkerasan Lentur Jalan Raya”, No.
/PD/BM/1983.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat
Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan
Umum “Pedoman Tata Cara Perencanaan
Geometrik Jalan Antar Kota” No.
/T/BM/1997.
MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia),
Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat
Jendral Bina Marga, Jakarta 1997