PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN RUAS JALAN BATU AJUNG-SIKALADI KABUPATEN SIJUNJUNG

Authors

  • Lino Armansyah
  • Mufti Warman
  • Khadavi Khadavi

Abstract

Jalan raya merupakan prasarana transportasi darat yang memegang peranan yang sangat vital dalam sektor perhubungan terutama untuk kesinambungan mobilisasi orang dan distribusi barang dan jasa. Ruas jalan Batu Ajung-Sikaladi merupakan jalur alternatif penghubung jalur utama antara kota Batusangkar ke kota Sijunjung, yang juga berfungsi sebagai jalur distribusi hasil bumi dari daerah di kota BatuSangkar ke kota Sijunjung via Dhamasraya. Data yang diperlukan untuk mendesain geometrik dan perkerasan ini adalah peta topografi yang kondisi medannya datar, volume lalu lintas harian yang terdiri dari berat mobil ringan 789 kendaraan/hari, berat kendaraan barang 5 ton 206 kendaraan/hari, dan truk 10 ton 25 kendaraan/hari. Dari nilai data CBR rata-rata didapat nilai CBR 9,425% untuk data tanah.Desain geometrik jalan dan juga desain perkerasan jalan baru baru digunakan dengan metode analisa Komponen (Bina Marga).Dari hasil pengolahan data ini dapat diketahui bentuk dari alinyement horizontal, alinyemen vertikal dan potongan melintang dari perkerasan jalan tersebut. dimana hasil-hasil yang telah didapatkan dijadikan kedalam bentuk gambar atau menjadi sebuah desain perencanaan.sebagaimana hasil yang telah didapatkan yaitu pada alinyemen horizontal terdapat 5 jenis tikungan tipe spiral-spiral, sedangkan pada perkerasan dapat dirangkum pada potongan melintangnya yaitu sub base20.84cm, base10cm, dan surface5cm.
Kata Kunci : Geometrik, Alinyemen Vertikal, Alinyemen Horizontal, Perkerasan

References

Pedoman Penentuan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya” DirektoratJendral Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, No. 01/PD/B/1983.

“Peraturan Perencanaan Geometrik Jalan Raya (Standard Specifications For Geometric Design Of Rural Highways)” Direktorat Jendral Bina Marga,Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik, No.13/1970.

“Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metoda Analisa Komponen” Departemen Pekerjaan Umum, SKBI.2.3.36.1987, UDC. 625.73 (02), SNI 1732-1989-F, Yayasan Badan Penerbitan PU, Jakarta, Oktober, 1987.

“Spesifikasi Standar Untuk Perencanaan Geometrik Jalan Luar Kota, (Rancangan Akhir)” Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga, Sub Direktorat Perencanaan Teknis Jalan, Bipran Bina Marga, Desember, 1990.

Shirley L.Hendarsin “Perencanaan Teknik Jalan Raya” Politeknik NegeriBandung, Bandung, 2000.

Silvia Sukirman “Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan” NOVA, Bandung, 1994

Downloads

Published

2014-03-15