ANALISA PERHITUNGAN TINGGI MUKA AIR TERHADAP PENGARUH PEMENDEKAN SUNGAI BATANG ANTOKAN AGAM

Authors

  • Dedeh Setiawan
  • Zahrul Umar
  • Afrizal Naumar

Abstract

Jalan Raya Padang – Lubuk Basung yang berlokasi di kenagarian Manggopoh Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam sering mengalami banjir akibat meluapnya Batang Antokan. Akibat banjir ini lalu lintas Padang-Lubuk Basung dan Padang-Pasaman Barat terganggu serta menggenangi kawasan permukiman dan persawahan yang berada dikiri-kanan sungai. Banjir ini disebabkan tidak mampunya penampang sungai mengalirkan debit banjir, berbelok-beloknya alur sungai, jauhnya jarak muara sungai serta terjadinya pendangkalan di muara Batang Antokan. Dalam upaya mengurangi dampak banjir ini maka di laksanakan pemendekan jarak muara sungai Batang Antokan, yang bertujuan untuk menurunkan muka air banjir. Tinjauan ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh dari pemendekan jarak muara yang sedang dibangun pada Muara Sungai Batang Antokan di Kabupaten Agam, terhadap tinggi banjir di bagian hulunya dengan cara perhitungan profil permukaan aliran berubah lambat laun metode tahapan standar. Dari hasil perhitungan tinggi penurunan muka air diperoleh 1,11 m.
Kata Kunci : Banjir,normalisasi sungai,aliran berubah lambat laun,metode tahap standar

References

Anggraini, 2005, Hidrolika terbuka, halaman 241-295. Penerbit Srikandi Surabaya

Bambang Triatmodjo, 2009. Hidrologi Terapan, Halaman 183-196. Penerbit Beta Offset Yogyakarta.

Kementrian Pekerjaan Umum, 2011. Peraturan Pemerintah Repoblik Indonesia nomor 38 Tahun 2011 tentang Sungai.

Kodoatie, Robert J dan Sugianto. 2002. Banjir- Beberapa penyebab dan metode pengendalian nya dalam perpektif lingkungan. Cetakan 1, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Kamjana. I Made, 2011. Teknik perhitungan Debit rencana bangunan air, halaman 124-130. Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta

Ven Te Chow, 1984. Hidrolika Satuan Terbuka (openv Channel Hydraulics), Diterjemahkan oleh Sayatman et al. Halaman 217-263. Penerbit Erlangga Jakarta.

Downloads

Published

2014-03-15