PENERAPAN SMK3 PADA PROYEK GRAN RUBINA BUSSINESS PARK – TOWER 1 KUNINGAN JAKARTA SELATAN DENGAN KONTRAKTOR PT. PP (PERSERO), TBK

Authors

  • Yayang Satria
  • Nasfryzal Carlo
  • Indra Khaidir

Abstract

Setiap tahun ribuan kecelakaan terjadi ditempat kerja yang menimbulkan korban jiwa, kerusakan materi dan gangguan produksi. Pemerintah mendorong setiap perusahaan menerapkan K3 dilingkungan kerja masing-masing, salah satu diantaranya melalui program Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Walaupun penerapan SMK3 telah diwajibkan, namun pelaksanaannya masih jauh dari harapan, karena jumlah organisasi yang menerapkan dengan baik masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan pelaksanaan SMK3 serta mengetahui masalah yang dihadapi menyangkut penerapan SMK3 pada proyek Gran Rubina Bussiness Park – Tower 1 Kuningan Jakarta Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hipotesis penelitian ini “Jika penerapan SMK3 pada proyek Gran Rubina Bussiness Park sesuai dengan ukuran keberhasilan penerapan SMK3 maka proyek tersebut dikatakan berhasil”. Berdasarkan hasil observasi dari 7 point kunci keberhasilan penerapan SMK3 menurut Ramli, hanya 2 pelaksanaan SMK3 yang sesuai, 6 pelaksanaan point lainnya tidak sesuai dengan penerapan SMK3 yang dijalankan. Wawancara kepada narasumber didapat hasil yaitu komitmen petinggi proyek masih memprihatinkan. Wawancara melalui kuesioner kepada 20 responden didapat hasil yaitu sebagian besar responden menjawab “tidak” mengenai pengawasan petugas K3 yang dilakukan terus-menerus. Hasil validasi pakar adalah komitmen petinggi proyek yang masih kurang. Saran peneliti yaitu petugas K3 seharusnya lebih memfokuskan pengawasan pada malam hari dan manajemen proyek diharapkan lebih meningkatkan komitmen K3.
Kata kunci : Penerapan, Pelaksanaan, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)

References

Abdullah, Rijal.2009. Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Pertambangan Batubara Bawah Tanah. Padang: UNP Press.

Arikunto, Suharsimi.1997. Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Hidayat, Wahyu.2008. Konsep Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan Implementasinya.Online: http://miningsite.info/konsep-sistem-manajemen-keselamatan-dan-kesehatan-kerja-smk3-serta-implementasinya diakses 20 Oktober 2013.

Jurnalk3.com, 2012. Sejarah Keselamatan Kerja. Online: http://jurnalk3.com/sejarah-keselamatan-kerja.html diakses 17 Januari 2014.

Narbuko dan Achmadi, 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Ramli, Soehatman.2010. Sistem Manajemen Keselamatan & Kesehatan Kerja OHSAS 18001. Jakarta: Dian Rakyat.

Ramli, Soehatman.2013. Smart Safety. Panduan Penerapan SMK3 yang Efektif. Jakarta: Dian Rakyat.

Ridley, Jhon.2008. Ikhtisar Kesehatan dan Keselamatan Kerja Edisi Ketiga, Terjemahan Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rijanto, Boedi.2010. Pedoman Praktis Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) industri konstruksi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Somad, Ismed.2013. Teknik Efektif Dalam Membudayakan Keselamatan & Kesehatan Kerja. Jakarta: Dian Rakyat.

Patriyanto. 2012. “Sistem Penerapan K3L (Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan) pada Proyek Kemanggisan Residence Jakarta Barat”. Tugas Akhir tidak diterbitkan. Padang: FTSP Univ.Bung Hatta.

Utama, Bagus Dwiputra. 2010. “Identifikasi Penerapan SMK3 Terhadap Kecelakaan Kerja pada Proyek Konstruksi Bangunan Air (Studi Kasus : Banjir Kanal Timur Paket 28)”. Tugas Akhir tidak diterbitkan. Depok: FT UI.

Mekanisari, Novi. 2006. “Kesadaran Keselamatan Kerja pada Perusahaan Jasa Konstruksi Berskala Kecil dan Menengah” . Tugas Akhir tidak diterbitkan. Depok: FT UI.

Sa’dia, Mariatus. 2003. “Kesadaran Keselamatan Kerja Perusahaan Konstruksi Berkualifikasi Besar di Indonesia”. Tugas Akhir tidak diterbitkan. Depok: FT UI.

Downloads

Published

2014-03-15