PERENCANAAN BANGUNAN PENGAMAN PANTAI TIPE GROIN (Pantai Pasir Parupuk Raya Tabing Kec Koto Tangah Padang Utara)

Authors

  • Bayu Arga
  • Nasfryzal Carlo
  • Khadavi Khadavi

Abstract

Pantai Pasir Parupuk Raya Tabing berada di Kota Padang, adalah pantai pesisir yang mempunyai garis bibir pantai yang cukup kritis yang sering terkena erosi akibat hantaman gelombang laut besar yang mengakibatkan arus ke pantai besar yang mana terjadi pengikisan sendimen dibibir pantai dan juga mengancam pemukiman penduduk pribumi yang ada disekitar daerah pesisir. Untuk mengatasi hal ini maka dilakukan penelitian tinggi gelombang signifikan, tinggi rendahnya pasang surut laut dan peta Bathimetri, maka direncanakan bangunan pengaman pantai yang cocok pada kondisi tersebut adalah Groin yang mana fungsi Groin untuk mempertahankan garis bibir pantai dari pengaruh gelombang dan arus yang ada. Stabilitas konstruksi groin diperhitungan terhadap guling, geser, dari hasil perhitungan stabilitas bangunan groin memenuhi persyaratan. Dari analisa tinggi gelombang signifikan (Hs) di dapat =1,5919m, dengan periode gelombang signifikan =5,5639detik. Bangunan groin direncanakan tidak mengijinkan air melimpas diatas puncak bangunan (non overtopping) dengan tinggi groin 5m. Dari perhitungan konstruksi groin direncanakan lebar puncak 3,1m, lebar efektif 13,1m, kemiringan 1/2, panjang groin 33m, tebal lapis lindung pertama 2,11m dan tebal lapis lindung kedua 1m.
Kata kunci : groin, tinggi gelombang, periode gelombang

References

Bambang Triatmojo,Dr. Ir. 2011,

Perencanaan Bangunan Pantai,

Yogyakarta: Pusat Antar

Universitas Ilmu Teknik

Universitas Gajah Mada.

Bambangan Triatmojo,Dr. Ir. 1983,

Pelabuhan, Yogyakarta : Pusat

Antar Universitas Ilmu Teknik

Universitas Gajah Mada.Lusi Utama, Ir. MT, Dasar-dasar Teknik Pantai, Padang : Universitas Bung Hatta Padang, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Kumpulan Dasar – Dasar Perencanaan Bangunan Pantai, 1995, Penerbit : Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Nur Yuwono, Dipl HE 1992, Dasar - Dasar Perencanaan Bangunan Pantai, Vol II, Yogyakarta : Biro Penerbit Keluarga Besar Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Gajah Mada.

Nur Yuwono, Dipl HE 1986, Teknik Pantai, Vol I, Yogyakarta : Biro Penerbit Keluarga Besar Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Gajah Mada.

Nur Yuwono, Dipl HE 1992, Dasar - Dasar Perencanaan Pelabuhan, Yogyakarta : Biro Penerbit Keluarga Besar Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Gajah Mada.

Soedjono Kramadibrata, 1985, Perencanaan Pelabuhan, Jakarta : Penerbit Ganeca Exact Bandung.

Downloads

Published

2014-03-15