PENELITIAN PEMBUATAN BETON MUTU TINGGI DENGAN SEMEN PCC MENGGUNAKAN SIKAFUME DAN VISCOCRETE-10 SEBAGAI BAHAN TAMBAH

Authors

  • Yudiking Rasoni
  • Yurisman Yurisman

Abstract

Beton merupakan suatu campuran yang terdiri dari agregat kasar dan halus, semen dan air yang mampunyai nilai kuat tekan pada umur tertentu. Bahan air dan semen disatukan akan membentuk pasta semen berfungsi sebagai bahan pengikat, sedangkan agregat halus dan agregat kasar sebagai pengisi. Pada penelitian ini digunakan semen Portland Composite Cement (PCC) dan menggunakan sikafume serta Viscocrete-10 sebagai bahan tambah. Tujuan dari penelitian ini adalah mandapatkan campuran beton mutu tinggi (fc’ 100 Mpa) pada umur 28 hari dengan benda uji silinder diameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Perawatan benda uji dilakukan dengan metode rendaman dengan suhu air maximum 250C. Dosis bahan tambah yang digunakan pada sikafume adalah 5%, 10%, 15% dan 20% sedangkan pada sika viscocrete-10 digunakan 0,2%, 0,4% dan 0,6%. Metode pencampuran rancangan beton didisain dengan metode SNI sesuai dengan SNI-03-2834-1993. Pemakaian semen dari hasil perencanaan sebanyak 600 kg/M3 dengan faktor air semen (w/c) adalah 0,28 sedangkan semen yang dpakai disubtitusi sebanyak pemakaian sikafume.. Dari hasil pengujian, percobaan yang menunjukkan hasil paling tinggi adalah pemakaian sikafume 15% dan sika viscocrete-10 0,2% dengan nilai 76 Mpa.
Kata kunci : Beton mutu tinggi dengan menggunakan sikafume dan viscocrete-10

References

Nugraha, Paul dan Antoni., Teknologi Beton, Andi, Yogyakarta,2007.

Mulyono, Tri., Teknologi Beton, Yogyakarta,2007.

Mardiono. Jurnal Pengaruh Pemanfaatan Abu Terbang (Fly Ash) dalam Beton Mutu Tinggi, Universitas Gunadarma, Jakarta.

Mulyono., Tri., Teknologi Beton, 2004.

Eco., Tinjauan Penambahan Mikrosilika dan Fly Ash Terhadap Kuat Tekan Beton Mutu Tinggi, Jurnal Rekayasa, Surakarta, 2006.

Mukhba, Romi., Pengaruh Penambahan Sika Viscocrete-10 Sebesar 1.4% dari Berat Semen Terhadap Slump Loss dan Kuat Tekan Beton, Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah, Yogyakarta, 2009.

Sucita, Try, Randy, Mochammad., Studi Eksperimental Pengaruh Sikafume Pada Beton PCC Mutu fc’=70 Mpa.

Hernando, Fandhi., Perencanaan Campuran Beton Mutu Tinggi dengan Penambahan Superplasticizer dsn Pengaruh Penggantian Semen Dengan Fly Ash, Tugas Akhir, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2009.

Achmadi, Ali., Kajian Beton Mutu Tinggi Menggunakan Slag Sebagai Agregat Halus dan Agregat Kasar Dengan Aplikasi Superplasticizer dan Silicafume, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang, 2009.

Trianto, Alfi., Pengaruh Sikafume dan Superplasticizer Tipe Viscocrete-10 Terhadap Kuat Tekan dan Kuat Tarik Beton Mutu Tinggi, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2012.

Kardiono., Jurnal Beton Mutu Tinggi dengan Bahan Tambah Bubuk Batu Gips, 1989.

Tjokrodimulyo, Kardiono., Beton Mutu Tinggi, 1995.

Downloads

Published

2014-03-15