NORMALISASI KEPADATAN ARUS LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN EMPAT LUBUK BENGALUNG By-PASS PADANG

Authors

  • Salman Alfaresi
  • Apwiddhal Apwiddhal
  • Bahrul Anif

Abstract

Beberapa kota di Indonesia khususnya Kota Padang. Pada saat ini dihadapkan pada
permasalahan lalu lintas, seperti pada simpang empat By-pass Lubuk bengalung yang merupakan
salah satu persimpangan cukup padat. Agar kepadatan dapat diatasi maka diperlukan perbaikan
sistem pengaturan traffic light. Penulisan ini bertujuan untuk menstabilkan arus lalu lintas pada
jam sibuk dengan merencanakan waktu traffic light . Data yang diperlukan untuk menganalisa
adalah data primer berupa survey di lapangan dalam bentuk pengambilan sampel volume arus
lalu lintas pada jam sibuk dan data traffic light pada simpang empat lubuk bengalung, data
sekunder yaitu mengacu kepada aturan MKJI 1997. Dari hasil analisa waktu traffic light
didapatkan, bahwa traffic light yang ada dipersimpangan empat lubeg waktunya harus diperkecil,
agar tidak terjadi antrian yang panjang. Dalam hasil analisa penelitian ini fase I mempunyai
waktu hijau 9 detik, kuning mempuyai waktu 5 detik dan merah mempunyai waktu 42 detik.
Fase II mempunyai waktu hijau 9 detik, kuning mempunyai waktu 5 detik dan merah
mempunyai waktu 14 detik. Fase III mempunyai waktu hijau 9 detik, kuning mempunyai waktu
5 detik dan merah mempunyai waktu 28 detik. Fase IV mempunyai hijau 9 detik, kuning 5 detik
dan merah 42 detik. Dengan total panjang waktu 56 detik.
Kata Kunci : Persimpangan, Kepadatan, Traffic Light,

References

Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas

Jalan Indonesia. Departemen Pekerjaan

Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga.

Jakarta.

Jalan By-pass lubeg.

http://posmetropadang.com/2011

Khisty, C Jotin dan Lall, B Kent, 2005.

Dasar-dasar Rekayas Transportasi, Edisi

Erlangga. Jakarta.

Oglesby, Clarkson H dan Hicks, R Gary,

Teknik Jalan Raya, Edisi

Erlangga. Jakarta.

Wells,GR, 1993. Rekayasa Lalu Lintas,

Edisi 5. Bhratara. Jakarta.

Downloads

Published

2014-03-15