NORMALISASI KEPADATAN ARUS LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN EMPAT LUBUK BENGALUNG By-PASS PADANG
Abstract
Beberapa kota di Indonesia khususnya Kota Padang. Pada saat ini dihadapkan padapermasalahan lalu lintas, seperti pada simpang empat By-pass Lubuk bengalung yang merupakan
salah satu persimpangan cukup padat. Agar kepadatan dapat diatasi maka diperlukan perbaikan
sistem pengaturan traffic light. Penulisan ini bertujuan untuk menstabilkan arus lalu lintas pada
jam sibuk dengan merencanakan waktu traffic light . Data yang diperlukan untuk menganalisa
adalah data primer berupa survey di lapangan dalam bentuk pengambilan sampel volume arus
lalu lintas pada jam sibuk dan data traffic light pada simpang empat lubuk bengalung, data
sekunder yaitu mengacu kepada aturan MKJI 1997. Dari hasil analisa waktu traffic light
didapatkan, bahwa traffic light yang ada dipersimpangan empat lubeg waktunya harus diperkecil,
agar tidak terjadi antrian yang panjang. Dalam hasil analisa penelitian ini fase I mempunyai
waktu hijau 9 detik, kuning mempuyai waktu 5 detik dan merah mempunyai waktu 42 detik.
Fase II mempunyai waktu hijau 9 detik, kuning mempunyai waktu 5 detik dan merah
mempunyai waktu 14 detik. Fase III mempunyai waktu hijau 9 detik, kuning mempunyai waktu
5 detik dan merah mempunyai waktu 28 detik. Fase IV mempunyai hijau 9 detik, kuning 5 detik
dan merah 42 detik. Dengan total panjang waktu 56 detik.
Kata Kunci : Persimpangan, Kepadatan, Traffic Light,
References
Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas
Jalan Indonesia. Departemen Pekerjaan
Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga.
Jakarta.
Jalan By-pass lubeg.
http://posmetropadang.com/2011
Khisty, C Jotin dan Lall, B Kent, 2005.
Dasar-dasar Rekayas Transportasi, Edisi
Erlangga. Jakarta.
Oglesby, Clarkson H dan Hicks, R Gary,
Teknik Jalan Raya, Edisi
Erlangga. Jakarta.
Wells,GR, 1993. Rekayasa Lalu Lintas,
Edisi 5. Bhratara. Jakarta.
Downloads
Published
2014-03-15
Issue
Section
Articles