TINJAUAN ULANG PERHITUNGAN PERENCANAAN TEBALPERKERASAN KAKU(RIGID PAVEMENT) PROYEK JALAN SIMPANG HARU PADANG (STA 5+987 S/D 77++9900)) RUAS INDARUNG – LUBUK BEGLUNG PDANG

Authors

  • Siswanto Siswanto
  • Mawardi Samah
  • Nasfryzal Carlo

Abstract

Jalan Simpang haru Padang-Solok ruas Indarung – Lubuk Begalung ini merupakan akses utama penghubung antara kota Padang menuju Solok. Dalam rangka meningkatkan pelayanan jalan terhadap perkembangan lalu lintas khususnya di bidang perekonomian dan kesejahteraan.Untuk itu diperlukan sarana dan prasarana transportasi yang memadai dan memberikan pelayanan lalu lintas yang optimal. Berdasarkan data sekunder yang ada, penulis melakukan perhitungan ulang perencanaan terhadap pembangunan jalan Simpang haru Padang –Solok ruas Indarung Lubuk Begalung dengan tujuan membandingkan hasil perhitung ulang dengan perhitungan sebelumnyaPerencanan yang dihitungberupa tinjauan perencanaan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan Metoda Portland Cement yang dikeluarkan Bina Marga.Dari hasil perhitungan ulang yang dilakukan untuk didapat tebal perkerasan 200 mm dengan mutu beton K 350, d25 untuk tulangan dowel dan d12untuk tulangan tie bars,sedangkan pada perhitungan perencana sebelumnya didapat tebal perkerasan 270 mm dengan mutu beton K 300, d25 tulangan dowel dan d16 tulangan tie bars .
Kata kunci : Tebal Perkerasan Kaku , dowel, tie bars

References

(1983), Pedoman Penentuan Tebal Perkerasan Kaku Jalan Raya, No.01/PD/B/1983, Departemen Perkerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga

Hendarsin, Shirley L, (2000) Penuntun Praktis Perencanaan Teknik Jalan Raya, Bandung: Politeknik Negeri Bandung

Dipohosodo, Istimawan (1994) Stuktur Beton Bertulang “Berdasarkan SK SNI T-15-1991-03 Jakarta : Pustaka Utama

Downloads

Published

2014-08-26