PERENCANAAN PELAPISAN TAMBAH PADA PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) BERDASARKAN METODE BINA MARGA 2002 DAN AASTHO 1993 PADA RUAS BATAS KOTA PADANG – SOLOK DENGAN PANJANG JALAN ± 1,150 Km (sta 6+025 s/d sta 7+175)

Authors

  • Arry Fitra Rahmadhani
  • Hendri Warman
  • Bahrul Anif

Abstract

Batas Kota Padang - Solok merupakan jalan yang sangat padat arus lalu lintasnya, sehingga banyak kendaraan pengangkut hasil Industri, Pertanian dengan tonase yang cukup berat yang akan melewati daerah tersebut seperti : bus, mobil penumpang, truk 2 as kecil, truk 2 as besar, truk 3 as dan truk gandeng. Dengan adanya tebal lapis tambah pada perkerasan kaku (rigid pavement), diharapkan dapat meningkatkan masa layan dari perkerasan lama dan juga dapat menambah kapasitas struktur. Untuk perencanaan tebal lapis tambah pada perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan dua metode yaitu metode Bina Marga 2002 dan Metode AASTHO 1993. Kondisi tebal perkerasan yang ada setebal 25 cm . Dari hasil perhitungan lapis tambah langsung yang mengalami retak awal didapat tebal lapis tambah 13 cm, rusak struktur 20 cm, tebal lapis tambah dengan pemisah yang mengalami rusak awal 15 cm, rusak struktur 21 cm, pada metode AASTHO didapat tebal lapis tambah langsung yang mengalami retak awal 6 cm, rusak struktur 12 cm, tebal lapis tambah dengan pemisah rusak awal didapat 17 cm, rusak struktur didapat 23 cm. Dari hasil perhitungan yang didapat disarankan memakai perencanaan dengan Metode Bina Marga 2002 karena parameter yang digunakan dalam perhitungan telah disesuaikan dengan kondisi regional negeri ini.
Kata kunci : Padang-Solok, tebal perkerasan kaku, retak awal, retak struktur

References

American Association of State Highway and Transportation Officials. AASTHO Guide

for Design of Pavement Structures. 444 N. Capitol street, N.W.,Suite 249,1993

Departemen Perkerjaan Umum. 2002, Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen, Pd T-14-2002. Penerbit : Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah

Hendarsin Shirley L, 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung : Politeknik Negeri Bandung

Mulyono, Tri. 2004. Teknologi Beton. Jakarta : CV Andi Offset

Suryawan, Ari. 2009. Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement). Penerbit : CV Beta Offset

Downloads

Published

2014-08-27