PERENCANAAN ULANG PENGENDALIAN BANJIR BATANG TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA

Authors

  • Rio Rahmadani
  • Afrizal Naumar
  • Indra Khaidir

Abstract

Batang Timpeh bermuara ke sungai Batanghari. Batang Timpeh mengalami banjir pada daerah muara sehingga infrastruktur, pemukiman penduduk, lahan produktif dan prasarana lainnya smengalami kerusakan yang mengakibatkan terganggunya perekonomian masyarakat dan mengancam keselamatan jiwa. Bila terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi dan durasi yang lama, kawasan tersebut menjadi daerah banjir dengan ketinggian hingga mencapai 1 m dan lama genangan dapat lebih dari 24 jam. Hal ini disebabkan karena debit yang terjadi di Batang Timpeh melebihi kapasitas tampung. Oleh karena itu, direncanakan dimensi penampang muara Batang Timpeh dan pengaruh air balik/back water. Untuk merencanakan dimensi saluran, digunakan peta Topografi, data Curah Hujan dan data sungai. Digunakan metode Aljabar untuk mendapatkan curah hujan maksimum rata-rata dan untuk perhitungan curah hujan rencana digunakan metode Gumbel, metode Hasper dan metode Wedwen. Untuk perhitungan debit rencana digunakan metode Rasional dan metode Hasper. Untuk perhitungan pengaruh air balik/back water digunakan metode tahapan standar. Berdasarkan perhitungan direncanakan dimensi penampang saluran yaitu saluran berbentuk Trapesium Bertingkat. Untuk penampang debit normal, tinggi saluran 2,25 meter, lebar saluran 20 meter dan talud 1 meter, penampang debit banjir tinggi saluran 2,76 meter, lebar saluran 30,5 meter dan talud 1 meter. Untuk konstruksi perkuatan tebing direncanakan terbuat dari pasangan batu kali.
Kata Kunci: Pengendalian, Banjir, Curah Hujan, Debit

References

Suripin, M.Eng, Dr. ir. ”Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan”. ANDI, Yogyakarta, 2004.

Harman, Thomson w, ST. “Tinjauan Perencanaan Stabilitas Perkuatan Tebing Pada Normalisasi Sungai Batang Pasaman Sumatera Barat“, Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil Universitas Bung Hatta. Padang, 2008.

Subramanya, K. ”Flow Open Chanel”, second edition. Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited, New Delhi, 2006.

Das, Braja M, dkk. ”Mekanika Tanah”. Erlangga, Jakarta, 1993. Internet. Rumus Hitung. ”Tabel Massa Jenis Dan Berat Jenis Berbagai Zat Di Sekitar Kita”. http://rumushitung.com/2013/05/31/tabel-massa-jenis-dan-berat-jenis/

Downloads

Published

2014-08-29