STUDI TINGKAT PELAYANAN ANGKUTAN UMUM BERDASARKAN WAKTU OPERASI DI KOTA SOLOK ( TRAYEK PASAR RAYA – TANAH GARAM )
Abstract
Angkutan umum merupakan bagian dari system transportasi kota yang memegang perananpenting dalam pengembangan dan pembangunan kota. Kota Solok salah satu kota di Sumatera
Barat yang sedang berkembang diharapkan memiliki tingkat pelayanan angkutan umum yang
baik. Namun pada kenyataannya masyarakat masih merasakan keluhan pada pelayanan angkutan
umum tersebut. Dengan menggunakan stopwatch maka dihitunglah waktu operasi dan didapatkan
kecepatan operasi pada masing-masing angkutan umum tersebut di lima titik pengamatan. Dalam
menentukan tingkat pelayanan angkutan umum digunakan standar dari Direktorat Jenderal
Perhubungan Darat tahun 1990 dengan indikator waktu operasi dan kecepatan operasi. Dari
pengolahan data didapatkan waktu operasi untuk trayek Pasar Raya – Tanah garam pada jam
sibuk 3.551 menit/km dan bukan jam sibuk 3.768 menit/km. Berdasarkan indikator pelayanan
angkutan umum sudah tergolong kriteria bagus yaitu kecil dari 6 menit/km. Untuk kecepatan
operasi trayek Pasar Raya – Tanah Garam pada jam sibuk 16.89 km/jam dan bukan jam sibuk
adalah 15.95 km/jam. Berdasarkan indikator pelayanan angkutan umum sudah tergolong baik
yaitu besar dari 10 km/jam. Dalam trayek Pasar Raya – Tanah Garam diperlukannya sarana
pendukung seperti halte dan terminal angkutan umum agar masing – masing headway pada
angkutan umum tetap terjaga.
Kata Kunci : Tingkat Pelayanan Angkutan Umum,Waktu Operasi,Kecepatan Operasi,Standar Pelayanan
Angkutan Umum, Sarana pendukung.
References
Giannopoulos, G.A, 1989, Bus Planning and
Operation in Urban Areas, a
Practical Guide, Avebury, Sydney.
Departemen Perhubungan, 2003, Keputusan
Menteri Perhubungan Nomor KM:
tahun 2003 tentang
Penyelenggaraan Angkutan Orang di
Jalan Dengan Kendaraan Umum,
Jakarta.
Departemen Perhubungan, 1996, Surat
Keputusan Direktur Jenderal
Perhubungan Darat Nomor :
SK.274/HK.105/DRJD/96 tentang
Pedoman Teknis Penyelenggaraan
Angkutan Penumpang Umum di
Wilayah Perkotaan Dalam Trayek
Tetap dan Teratur, Jakarta.
Departemen Perhubungan, 1994, Surat
Keputusan Menteri Perhubungan
Tahun 1994 tentang Pengelompokkan
Trayek, Jakarta.
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat,
, Standar Pelayanan Angkutan
Umum, Jakarta.
Purwanto, Agus Budi, dkk, 2006. Kajian
Pelayanan Angkutan Umum Trayek
Blora - Bogorejo - Cepu di
Kabupaten Blora, Universitas
Dipenegoro, Semarang.
Supriyadi, Agus, 2002, Analisa Pelayanan
Angkutan Kota di Kota Purwokerto,
Universitas Diponegoro, Semarang.
Tamin, O.Z, 2000, Perencanaan dan
Pemodelan Transportasi, ITB,
Bandung.
Yu, Jason C, 1982, Transportation
Engineering, Introduction to
Transport Planning, Design and
Operation.