PERENCANAAN ULANG STRUKTUR GEDUNG KELAS BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ILMU PELAYARAN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Refita Mahendry
  • Taufik Taufik
  • Rini Mulyani

Abstract

Meningkatnya jumlah populasi manusia mengakibatkan meningkatnya kebutuhan akan sarana dan prasarana penunjang seperti gedung. Daerah Sumatera Barat memiliki kondisi geografis yang dikelilingi lautan, sehingga perlu dibangun suatu gedung Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran sebagai sarana penunjang kegiatan pelayaran. Gedung Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran telah dibangun di daerah Padang Pariaman dengan menggunakan konstruksi beton bertulang. Tugas akhir ini bertujuan merencanakan ulang bangunan tersebut dengan mengadopsi standar-standar perencanaan terbaru seperti SNI 03-1726-2012 yang merupakan standar perencanaan gempa untuk struktur gedung. Penerapan standar terbaru di dalam perencanaan gedung sangatlah penting, apalagi mengingat wilayah Sumatera Barat yang memiliki kerentanan tinggi terhadap bahaya gempa bumi. Hasil perencanaan diperoleh dimensi balok, kolom, pelat, pondasi tiang pancang, tie beam, dan pembesian tulangan balok, kolom, pelat, pondasi tiang pancang dan tie beam.
Kata kunci: gedung, beton bertulang, pelat, balok, kolom

References

Bowles, J.E. 1999, Analisa dan Desain Pondasi Jilid II, Erlangga, Jakarta.

Budiono, B dan Supriatna L. 2011, Studi Komparasi Desain Bangunan Tahan Gempa, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Nasution, A. 2009, Analisis dan Desain Struktur Beton Bertulang, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Pamungkas, A dan Harianti, E. 2013, Desain Pondasi Tahan Gempa, Andi, Yogyakarta.

Panitia Teknik Konstruksi dan Bangunan. 2013, Tata Cara Perencanaan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung (SNI 03:2847:2013), Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Panitia Teknik Konstruksi dan Bangunan. 2012, Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Bangunan Gedung (SNI 03:1726:2012), Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Vis, W.C dan Kusuma G. 1993, Dasar-dasar Perencanaan Beton Bertulang, Erlangga, Jakarta.

Vis, W.C dan Kusuma G. 1993, Grafik dan Tbael Perhitungan Beton Bertulang, Erlangga, Jakarta.

Downloads

Published

2015-02-13