TINJAUAN PERENCANAAN BENDUNG TETAP BATANG KASIK DI DESA PASIR JAYA KECAMATAN SIULAK KABUPATEN KERINCI

Authors

  • Roni Rahman
  • Wardi Wardi
  • Rahmat Rahmat

Abstract

Bendung adalah bangunan melintang sungai yang berfungsi untuk meninggikan muka air agar bisa diambil dan dialirkan ke saluran lewat bangunan pengambilan. Perencanaan bendung sungai batang kasik ini direncanakan dengan menggunakan mercu tipe bulat karena mempunyai bentuk mercu yang besar, sehingga lebih tahan terhadap benturan batu gelundung, bongkah dan sebagainya. Pada perencanaan bendung tetap sungai batang kasik tersebut dilakukan perhitungan seperti analisa hidrologi, perhitungan hidrolis bendung, perhitungan dimensi bendung dan perhitungan stabilitas bendung. Data – data yang diperlukan dalam perencanaan bendung tetap sungai batang kasik dengan luas cathcment area seluas 18 km2, debit 100 tahunan (Q100) 679,942 m3/dt, lebar bendung 24,6 m, tinggi mercu bendung 2 m dan tinggi energy (H1) 5,227 m, sehingga dapat mengairi areal pertanian seluas 363,7 ha. Pada perhitungan stabiltas bendung dalam keadaan air normal diperoleh angka keamanan terhadap guling 4,3 dan geser 4,28. Pada saat air banjir diperoleh angka keamanan terhadap guling 2,75 dan geser 1,96. Konstruksi bendung diyatakan stabil karena aman terhadap guling dan geser.
Kata kunci : cathcment area, bendung, tipe mercu, stabilitas

References

Direktorat Jenderal Pengairan Departemen Pekerjaan Umum, Standar Perencanaan Irigasi Bangunan KP-02, Cetakan Pertama, Bandung, 1986.

Direktorat Jenderal Pengairan Departemen Pekerjaan Umum, Standar Perencanaan Irigasi Bangunan KP-04, Cetakan Pertama, Bandung, 1986.

Direktorat Jenderal Pengairan Departemen Pekerjaan Umum, Standar Perencanaan Irigasi Bangunan KP-06, Cetakan Pertama, Bandung, 1986.

Mawardi, Erman. Memed, Moch. 2002.Desain Hidraulik Bendung Tetap Untuk Irigasi Teknis. Bandung: Alfabet.

Triamodjo, Bambang. 2008. Hidrologi Terapan. Yogyakarta: Beta Offset.

Wilson.E.M. 1993. Hidrologi Teknik EdisiKeempat. Bandung: ITB.

Downloads

Published

2015-02-16