TINJAU ULANG PERENCANAAN STRUKTUR GEDUNG DINAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH ( DPKD ) SUMBAR

Authors

  • Randi Sahputra
  • Taufik Taufik
  • Indra Khaidir

Abstract

Indonesia merupakan Negara dengan aktifitas gempa yang cukup tinggi, hal ini dikarenakan wilayah Indonesia terletak pada daerah pertemuan tiga lempeng tektonik utama, dikarenakan adanya faktor rawan gempa tersebut bangunan di Indonesia seperti infrastruktur gedung pemerintahan harus dibangun sesuai dengan syarat-syarat bangunan tahan gempa. Perencanaan ulang struktur bangunan gedung DPKD Sumbar ini menggunakan konstruksi beton bertulang. Elemen – elemen struktur yang direncanakan adalah elemen struktur berupa pelat lantai, balok, kolom dan pondasi tiang pancang . Proyek gedung DPKD ini berada di kota Padang yang merupakan daerah dengan intensitas gempa kuat . Pada perencanaan ulang ini Pembebanan yang ditinjau untuk perencanaan elemen struktur adalah beban mati, beban hidup dan beban gempa, serta mutu beton yang digunakan fc’= 25 mpa, untuk tulangan ulir >D10 mutu BJTD 400 Mpa, perhitungan gaya-gaya dalam struktur dihitung dengan menggunakan program komputer dengan pemodelan struktur 2D. Prosedur dan ketentuan umum untuk perencanaan bangunan gedung ini merujuk pada SNI 03-2847-2002 ( Tata Cara Perencanaan Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung), dan SNI -1726-2012 ( Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung).Dari hasil perhitungan didapatkan tebal pelat atap dan lantai adalah 120 mm,Tulangan utama untuk balok adalah D19 dengan tulangan sengkang D10, sedangkan tulangan utama untuk kolom adalah D25 dan tulangan sengkang D10.
Kata Kunci : gempa, struktur beton bertulang, pembebanan, tulangan utama.

References

Bowles. Josep E. 1986, Analisa dan Desain Pondasi Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Budiono, B. dan Supriatna, L. 2012, Studi Komparasi Desain Bangunan Tahan Gempa , ITB, Bandung.

Departemen Pekerjaan Umum, Peraturan Pembebanan Indonesia untuk Gedung, Yayasan Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan, Bandung, 1983.

SNI–03–2847–2002 Tentang Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung, BSN, 2002, Bandung.

SNI 1726:2012 Tentang Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, BSN, 2012, Jakarta.

Pamungkas, A. dan Harianti, E. 2013, Desain Pondasi Tahan Gempa , ANDI, Yogyakarta.

W.C. Vis dan Gideon H.K., Dasar-Dasar Perencanaan Beton Bertulang, edisi pertama, Erlangga, Jakarta, 1993.

Downloads

Published

2015-02-16