PERENCANAAN STRUKTUR RANGKA BAJA JEMBATAN LINGKAR UNAND,PADANG
Abstract
Jembatan Lingkar Unand merupakan sarana penunjang yang membuka jaringan infrastrukturruas jalan Limau Manis menuju Bandar Buat, sehingga akses jalan ini ditempuh dengan dua
jalur. Jembatan ini direncanakan sebagai jembatan Kelas A karena memiliki lebar lantai
kendaraan 7m dan trotoar 1m, sedangkan bentangnya sendiri 60m. Konstruksi atas jembatan
berbentuk rangka batang yang terbuat dari profil baja, yang mana komponen baja struktural
jembatan ini menggunakan Standar JIS G3106 SM 490 YB dengan mutu baja 355 Mpa . Pada
plat lantai menggunakan beton bertulang dengan tebal 20cm dan mutu beton 30 Mpa. Sedangkan
dek baja trapesium yang direncanakan sebagai balok komposit memiliki tinggi rusuk 55mm dan
tebal 4,5 mm. Peraturan yang dipakai mengacu pada Standar Nasional Indonesia (SNI) T-02-
2005, T-03-2005, dan Perencanaan Teknik Jembatan Bridge Management System (BMS).
Analisa pembebanan menggunakan program komputer. Dari hasil perhitungan, gelagar
memanjang menggunakan profil baja WF 400.200.12.19, gelagar melintang WF 900.300.16.38
dan untuk gelagar utama WF 400.400.13.21. Berdasarkan data SPT( Standar Penetration Test)
tanah keras berada pada kedalaman 6m maka pondasi yang dipakai adalah pondasi sumuran yang
mana dalam satu baris terdapat dua sumuran dengan diameter 3,5 m.
Kata kunci : jembatan rangka, baja, gelagar, pondasi
References
Asiyanto.(2005). Metode Konstruksi
Jembatan Rangka Baja. Jakarta :
Universitas Indonesia
Gurki, J. Thambah Sembiring.(2010).
Beton Bertulang Edisi Revisi.
Bandung :Rekayasa Sains :
RSNI-T-02. (2005). Pembebanan Untuk
Jembatan. Jakarta: Badan
Standarisasi Nasional.
RSNI-T-03. (2005). Perencanaan Struktur
Baja Untuk Jembatan. Jakarta:
Badan Standarisasi Nasional.
Sunggono kh. (1995). Teknik Sipil.
Bandung : Nova
Sutarman, E.(2009). Analisa Struktur.
Yogyakarta : CV Andi Offset
Downloads
Published
2015-02-16
Issue
Section
Articles