PERENCANAAN GEOMETRIK, TEBAL PERKERASAN SERTA DRAINASE JALAN LUBUK NAGODANG – MUKAI TINGGI, KABUPATEN KERINCI

Authors

  • Sona Agustio
  • Hendri Warman
  • Khadavi Khadavi

Abstract

Jalan merupakan bagian sarana dan prasarana yang amat penting dalam transportsi dan merupakan elemen utama dalam menunjang fungsi transportasi pada suatu wilayah. Untuk mendapat fungsi tersebut maka diperlukan perencanaan yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Perencanaan jalan lubuk nagodang – mukai tinggi direncanakan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dari tata cara perencanaan geometric antar kota, 1997, analisa kapasitas jalan dengan menggunakan manualkapasitas jalan Indonesia (MKJI) 1997, Perencanaan tebal perkerasan lentur dengan menggunakan metode analisa komponen, dan perencanaan drainase dengan mengacu pada peerencanaan system drainase jalan, 2006. Jalan lubuk nagodang – mukai tinggi merupakan jalan local dengan spesifikasi kelas jalan IIa, kecepatan rencana 50 km/jam, direncanakan 10 tikungan (6 tikungan ful circle, 4 Tikungan spiral-circle – spiral), lebar perkerasan 3,5 dengan lapisan pondasi bawah 40 cm, lapis pondasi atas 15 cm dan laston 10 cm, untuk perencanaan drainase (saluran tepi) bentuk saluran yang dipilih adalah bentuk trapesium dengan Lebar saluran (b) = 0,40 m dan tinggi saluran H= (1,00) dengan curah hujan rata-rata 317,48 mm/tahun.
Kata kunci :jalan, geometrik, tebalperkerasan, drainase, Kerinci

References

Achmad, Rozali, 2005. Perencanaan Geometrik Jalan dan Pelengkap Jalan,

Depertemen Pekerjaan Umum,“ 2006 Perencanaan Sistem Drainase Jalan”,

Depertemen Pekerjaan Umum, 2002“ Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur”,

Departemen Pekerjaaan Umum, Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen, SKBI 2.3.26.1987,

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, MKJI ( Manual Kapasitas Jalan Indonesia ),Jakarta

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997”Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota”, Jakarta.

Hendarsen, Shirley L, 200 “Perencanaan Teknik Jalan Raya, Politeknik Negeri Bandung, bandung

Sukirman, Silvia, 1999 “Dasar – dasar Perencanaan Geomerik jalan”, Penerbit Nova Bandung.

Downloads

Published

2015-06-23