USULAN PENATAAN JALUR PEJALAN KAKI PADA KORIDOR DI SEKITAR JAM GADANG

Authors

  • Fathoni Ria umba
  • Tomi Eriawan
  • Fidel Miro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan arahan penataan serta pemanfaatan fasilitas jalur pejalan kaki pada koridor-koridor di sekitar kawasan Jam Gadang guna mendukung aktivitas wisata dan perdagangan yang ada di sekitar Jam Gadang, selain itu dalam penelitian ini juga merekomendasikan kebutuhan jalur pejalan kaki, sarana pendukung, serta konsep pengembangan dan pengaturan ruang bebas jalur pejalan kaki.

Pada tahapan pengumpulan data metode yang digunakan adalah survey sekunder berupa pengumpulan data pada instansi pemerintah dan survey primer berupa pengambilan data di lapangan/kawasan studi. Data-data yang dibutuhkan seperti kebijakan pemerintah (sekunder) dan data di lapangan seperti jumlah pejalan kaki, kecepatan pejalan kaki, jalur pejalan kaki, sarana pendukung, ruang bebas jalur pejalan kaki, aktivitas kawasan serta jaringan jalan. Pada tahapan analisa, metode yang digunakan adalah metode LOS (tingkat pelayanan jalur pejalan kaki), dan metode deskriptif berupa perbandingan kebutuhan jalur pejalan, standar sarana pendukung serta ruang bebas jalur pejalan kaki.

Tingkat pelayanan jalur pejalan kaki berpengaruh terhadap konsep yang digunakan, sementara itu kebutuhan jalur pejalan kaki berdasarkan arus pejalan kaki merupakan rekomendasi lebar jalur pejalan kaki yang disinergikan dengan aktivitas kawasan. Tingkat pelayanan jalur pejalan kaki di kawasan studi yang memiliki pejalan kaki dengan akses terpadat terdapat di Kawasan Pasar Wisata dengan standar LOS D, berdasrkan pertimbangan hal tersebut sudah dapat dikembangkan sebagai jalur khusus pejalan kaki.

 

Kata kunci : Jalur pejalan kaki, Tingkat pelayanan, Kebutuhan dan Konsep

Downloads

Published

2015-06-25