PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN PADA RUAS JALAN JALUR DUA BYPASS PADANG

Authors

  • Amria Putra
  • Hendri Warman
  • Bahrul Anif

Abstract

Jalanmerupakansaranatransportasidaratdanmemegangperanan yang sangatpentingdalamkemajuansuatudaerah.Untuk itu agar tercipta jalan yang nyaman, aman dan efisien maka perlu ditentukan Alinyemen Vertikal, Alinyemen Horisontal dan Perencanaan Tebal Perkerasan yang baik. Ruas Jalan Jalur Dua Bypass Padang merupakan jalan penghubung utama antara Pelabuhan Teluk Bayur dengan Bandara Internasional Minang Kabau yang mempunyai tingkat arus lalu lintas yang sangat tinggi sehingga perlu dilakukan perluasan. Metoda yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan menggunakan Studi Literartur, Wawancara, Observasi dan Metoda Analisa Komponen untuk Perhitungan Tebal Perkerasan. Dari perhitungan Alinyemen Horizontal didapat dua bentuk tikungan yaitu Full Circle (Berbentuk Cekung) dan Spiral-Sircle-Spiral (Berbentuk Cembung), dan dari hasil perhitungan tebal perkerasan didapat tebal lapis permukaan adalah 17,5 cm, tebal lapis pondasi tengah (Agregat kelas A) 19 cm dan pondasi bawahnya (Agregat kelas B) 35 cm. dengan memakai metoda terbaru yaitu “Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ)” Nomor 02/M/BM/2013 untuk mencari lapisan permukaan, maka didapat: AC-WC            = 4 cm, AC-Binder = 6 cm dan AC-Base      = 7.5 cm.

 

Kata kunci :AlinyemenHorisontal, Alinyemen Vertikal, TebalPerkerasan.

Downloads

Published

2015-06-26