KAJIAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR SERTA PENGARUH PENAMBAHAN FASILITAS HIBURAN TERHADAP KEBUTUHAN PARKIR DI HOTEL AXANA PADANG

Authors

  • Jumeidi Jumeidi
  • Momon Momon
  • Tomi Eriawan

Abstract

Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui dan menghitung kebutuhan ruang parkir serta pengaruh penambahan fasilitas hiburan terhadap kebutuhan parkir di Hotel Axana Padang. Hotel Axana Padang merupakan salah satu fasilitas pendukung pariwisata dikota Padang. Dengan adanya pembangunan hotel, berarti juga harus melihat kebutuhan ruang parkir yang tersedia. Fasilitas parkir yang ada pada Hotel Axana masih belum memenuhi persyaratan dengan melihat jumlah kamar dan pengunjung yang datang. Kurangnya lahan parkir ini di sebabkan oleh penambahan fasilitas hiburan di lahan parkir basement hotel. Dengan adanya penambahan fasilitas ini mengakibatkan bertambahnya jumlah pengunjung yang menuju Hotel Axana. Sedangkan lahan parkir yang ada sudah dimanfaatkan untuk fasilitas hiburan. Selain dari penambahan fasilitas hiburan tersebut juga dilihat dari parkir badan jalan di depan hotel yang berada pada persimpangan dan mempunyai aktifitas sekitar yang padat.

Pada tahapan pengumpulan data metode yang digunakan adalah survey primer berupa observasi pada kawasan studi dan survey sekunder. Metode analisis digunakan dalam penelitian adalah analisis kebutuhan ruang parkir berdasarkan karakteristik parkir, standar kebutuhan ruang parkir.

Hasil yang diperoleh dari penelitian berupa kebutuhan ruang parkir dari semua fasilitas yang ada didapatkan dari penghitungan berdasarkan analisis serta alternatif dan pemecahan masalah pada parkir hotel. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Penambahan fasilitas hiburan pada hotel berpengaruh terhadap ruang parkir hotel.

Kata kunci : Kebutuhan Parkir, Parkir Hotel.

Downloads

Published

2015-12-30