ESTIMASI BANGKITAN PERJALANAN PENDUDUK PERUMAHAN DI KELURAHAN DADOK TUNGGUL HITAM KOTA PADANG

Authors

  • Ryan Rahmadi
  • Fidel Miro
  • Hayani Haryani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar bangkitan perjalanan yang terproduksi dari perumahan di Kelurahan Dadok Tunggul Hitam yang terdiri dari perumahan Green Arya, Rumah Idaman Wisma Lestari, Perumdam, Permata Dadok dan Trisandi Indah karena kawasan perumahan menyebabkan berubahnya fungsi guna lahan yang dikemudian hari menimbulkan permasalahan. Kegiatan masyarakat untuk beraktifitas menyebabkan timbulnya bangkitan – bangkitan perjalanan (trip generation) menuju pusat – pusat kegiatan.
Pada tahapan pengumpulan data metode yang digunakan adalah survey sekunder berupa teknik pengumpulan data ke instansi pemerintahan dan Survey Primer. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran rumah tangga, tingkat kepemilikan kendraan, tingkat pendapatan dan jumlah yang bekerja, untuk analisa yang digunakan analisa kategori, analisa deskriptif dan analisa regresi linear.
Dari hasil analisis tersebut didapatkan banyak perjalanan yang terproduksi dalam satu hari serta jumlah perjalanan dari masing – masing variabel seperti: jumlah perjalanan dan ukuran rumah tangga, jumlah perjalanan dan tingkat kepemilikan kendraan, jumlah perjalanan dan tingkat pendapatan, jumlah perjalanan dan yang bekerja terhadap perjalanan serta factor – factor yang mempengaruhi perjalanan dari kawasan perumahan di Kelurahan Dadok Tunggul Hitam.
Kata kunci : Perumahan, Bangkitan Perjalanan

Downloads

Published

2015-12-31