TINJAUAN ULANG GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN JALAN POROS BUPATI (2 JALUR) STA 0+000 - 1+500 KABUPATEN SOLOK SELATAN

Authors

  • Ramadhani Putra
  • Bahrul Anif
  • Indra Khaidir

Abstract

Maksud dari penulisan ini adalah meninjau ulang kembali sebuah desain geometrik jalan
dan perkerasan jalan yang memenuhi kriteria atau persyaratan perencanaan. Dalam
penulisan tugas akhir ini yang ditinjau adalah mulai dari STA 0+000 - 1+500 sepanjang
1.5 Km di Kabupaten Solok Selatan. Data yang diperlukan untuk mendesain geometrik
dan perkerasan ini adalah data CBR untuk data tanah dengan rata-rata 11,75%, peta
topografi, lalu lintas harian7822 kendaraan/hari, kondisi geometrik yang telah ada dan
data-data lain yang dibutuhkan untuk tinjauan ulang tersebut. Penulisan ini bertujuan
untuk mendapatkan tinjauan ulang dari bentuk geometrik jalan dan juga tinjauan
ulang perkerasan dengan dua metode yang digunakan yaitu dengan metode analisa
komponen (Bina Marga) dan metode AASHTO ’93. Dari pengolahan data ini dapat
diketahui bentuk dari alinyement horizontal, vertikal dan perkerasan jalan tersebut.
Sebagaimana hasil yang telah didapatkan yaitu pada alinyemen horizontal terdapat 1
jenis tikungan tipe spiral-spiral, 2 jenis tikungan tipe spiral-circle-spiral dan 25
lengkung alinyemen vertikal. Sedangkan pada perkerasan metode Bina Marga dapat
dirangkum pada potongan melintangnya yaitu subbase14cm, base20cm, surface5cm.
Metode AASHTO ‘93 yaitu subbase7inch, base8inch, dan 6inch untuk surface. Pada
tinjauan ulang kawasan ini diupayakan mendapatkan tikungan yang paling nyaman
yaitu tikungan tipe spiral-circle-spiral dan perkerasan yang efektif dengan metode
Bina Marga dan AASHTO ‘93 yang telah memenuhi standar kriteria dari tinjauan
ulang ini.
Kata kunci: Geometrik, Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Perkerasan

References

Sukirman, Silvia, Dasar-Dasar

Perencanaan Geometrik Jalan: Nova,

Bandung.

Hendarsin, Shirley L, Perencanaan

Teknik Jalan Raya: Politeknik Negeri

Bandung Jurusan Teknik Sipil, Bandung

Saodang, Hamirhan. Ir,MSCE,

Perancangan Perkerasan Jalan Raya,

Nova, Bandung.

Dinas Pekerjaan Umum Direktorat

Jendral Bina Marga, Perencanaan

Tebal Lapis

Tambah Perkerasan Lentur dengan

Metode Lendutan,

No. Pd T-05-2005-B.

Departemen Pekerjaan Umum

Direktorat Jenderal Bina Marga

Departemen Pekerjaan Umum

“Pedoman Tata Cara Perencanaan

Geometrik Jalan Antar Kota” No.

/T/BM/1997.

Departemen Pekerjaan Umum

“Petunjuk Perencanaan Tebal

Perkerasan Lentur dengan Metode

Analisa Komponen” Departemen

Pekerjaan Umum.Jakarta : 1987.

MKJI (Manual Kapasitas Jalan

Indonesia), Departemen Pekerjaan

Umum, Direktorat Jendral Bina Marga,

Jakarta 1997.

Downloads

Published

2016-06-13