TINJAUAN ULANG GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN JALAN POROS BUPATI (2 JALUR) STA 0+000 - 1+500 KABUPATEN SOLOK SELATAN
Abstract
Maksud dari penulisan ini adalah meninjau ulang kembali sebuah desain geometrik jalandan perkerasan jalan yang memenuhi kriteria atau persyaratan perencanaan. Dalam
penulisan tugas akhir ini yang ditinjau adalah mulai dari STA 0+000 - 1+500 sepanjang
1.5 Km di Kabupaten Solok Selatan. Data yang diperlukan untuk mendesain geometrik
dan perkerasan ini adalah data CBR untuk data tanah dengan rata-rata 11,75%, peta
topografi, lalu lintas harian7822 kendaraan/hari, kondisi geometrik yang telah ada dan
data-data lain yang dibutuhkan untuk tinjauan ulang tersebut. Penulisan ini bertujuan
untuk mendapatkan tinjauan ulang dari bentuk geometrik jalan dan juga tinjauan
ulang perkerasan dengan dua metode yang digunakan yaitu dengan metode analisa
komponen (Bina Marga) dan metode AASHTO ’93. Dari pengolahan data ini dapat
diketahui bentuk dari alinyement horizontal, vertikal dan perkerasan jalan tersebut.
Sebagaimana hasil yang telah didapatkan yaitu pada alinyemen horizontal terdapat 1
jenis tikungan tipe spiral-spiral, 2 jenis tikungan tipe spiral-circle-spiral dan 25
lengkung alinyemen vertikal. Sedangkan pada perkerasan metode Bina Marga dapat
dirangkum pada potongan melintangnya yaitu subbase14cm, base20cm, surface5cm.
Metode AASHTO ‘93 yaitu subbase7inch, base8inch, dan 6inch untuk surface. Pada
tinjauan ulang kawasan ini diupayakan mendapatkan tikungan yang paling nyaman
yaitu tikungan tipe spiral-circle-spiral dan perkerasan yang efektif dengan metode
Bina Marga dan AASHTO ‘93 yang telah memenuhi standar kriteria dari tinjauan
ulang ini.
Kata kunci: Geometrik, Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Perkerasan
References
Sukirman, Silvia, Dasar-Dasar
Perencanaan Geometrik Jalan: Nova,
Bandung.
Hendarsin, Shirley L, Perencanaan
Teknik Jalan Raya: Politeknik Negeri
Bandung Jurusan Teknik Sipil, Bandung
Saodang, Hamirhan. Ir,MSCE,
Perancangan Perkerasan Jalan Raya,
Nova, Bandung.
Dinas Pekerjaan Umum Direktorat
Jendral Bina Marga, Perencanaan
Tebal Lapis
Tambah Perkerasan Lentur dengan
Metode Lendutan,
No. Pd T-05-2005-B.
Departemen Pekerjaan Umum
Direktorat Jenderal Bina Marga
Departemen Pekerjaan Umum
“Pedoman Tata Cara Perencanaan
Geometrik Jalan Antar Kota” No.
/T/BM/1997.
Departemen Pekerjaan Umum
“Petunjuk Perencanaan Tebal
Perkerasan Lentur dengan Metode
Analisa Komponen” Departemen
Pekerjaan Umum.Jakarta : 1987.
MKJI (Manual Kapasitas Jalan
Indonesia), Departemen Pekerjaan
Umum, Direktorat Jendral Bina Marga,
Jakarta 1997.