TINJAUAN ULANG PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISA KOMPONEN DAN OVERSEAS ROAD NOTE 31 Studi Kasus : Ruas Jalan Simpang Padang Aro – Lubuk Malako Kab. Solok Selatan (Sta 00+000 – Sta 01+350)

Authors

  • Andi Kurniawan
  • Mufti Warman Hasan
  • Hendri Warman

Abstract

Jalan raya sangat penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi suatu daerah seiring dengan
meningkatnya kebutuhan sarana transportasi, semakin lancarnya akses jalan maka
pertumbuhan dan perkembangan daerah akan semakin maju dan sebaliknya. Negara Indonesia
merupakan negara yang beriklim tropis dimana memiliki 2 (dua) musim yaitu musim hujan
dan musim kemarau, pada daerah dengan iklim tropis kegagalan seringkali terjadi berbeda
dengan daerah yang beriklim sedang, karena iklim mempengaruhi sifat tanah dan batu yang
ada. Pada tahun 2015 ruas jalan Simpang Padang Aro - Lubuk Malako direncanakan dengan
metode Bina Marga Analisa Komponen merupakan rujukan standar yang dipakai di Indonesia
masih memenuhi kondisi iklim di Solok Selatan. Tapi sehubungan dengan keadaan iklim yang
ekstrim, pada tugas akhir ini penulis menghitung tebal perkerasan dengan menggunakan
metoda yang disesuaikan dengan iklim di Indonesia yaitu metode tentang perencanaan
perkerasan jalan untuk daerah tropis dan subtropis yang dinamakan Overseas Road Note 31
(ORN31).hasil dari penulisan ini metode analisa komponen dan ORN 31 terdapat perbedaan
hukum pangkat, dimana dalam metode analisa komponen menggunakan pangkat 4 sedangkan
pada metode ORN 31 menggunakan pangkat 4,5 itu berarti metoda ORN 31 menilai faktor dari
beban sumbu roda kendaraan lebih berpengaruh terhadap kerusakan perkerasan jalan.
Kata kunci : Perkerasan jalan, Iklim, Metode Analisa Komponen, Metoda Overseas Road Note 31

References

Direktorat Jendral Bina Marga

Departemen Pekerjaan Umum.

(1983), Pedoman Penentuan Tebal

Perkerasan Lentur Jalan Raya.

Hendarsin, Shirley L. (2000),

Perencanaan Teknik Jalan Raya,

Politeknik Negeri Bandung Jurusan

Teknik Sipil, Bandung.

Kementrian Pekerjaan Umum

Direktorat Jendral Bina Marga.

(2012), Manual Desain Perkerasan

Jalan.

Kementrian Pekerjaan Umum

Direktorat Jendral Bina Marga.

(2013), Spesifikasi Umum.

Richard, Robinson and Thagesen, Bent.

(2004), Road Engineering for

Development Second Edition, London.

Saodang, Hamirhan, (2004),

Perancangan Perkerasan Jalan Raya

buku II, Bandung.

Soehartono, (2015), Teknologi Aspal dan

Penggunaannya Dalam Konstruksi

Perkerasan Jalan, Yogyakarta.

Tenrisukki, Andi. (TT) Rekayasa Jalan

Raya-2, Seri Diktat Kuliah Universitas

Gunadarma.

TRRL. (1993), A Guide to The Structural

Design of Bitumen Surfaced Roads in

Tropical and Subtropical Countries,

Overseas Road Note 31, 4th edn,

Crowthome : Transport Research

Laboratory.

Downloads

Published

2016-06-14