ANALISA KINERJA JALAN YANG DIPENGARUHI ON STREET PARKING DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN (Studi kasus : Ruas jalan Jhoni Anwar, Lapai-Kota Padang)

Authors

  • Toni Agustian
  • Mufti Warman Hasan
  • Mufti Warman Hasan
  • Mufti Warman Hasan
  • Eko Prayitno
  • Eko Prayitno
  • Eko Prayitno

Abstract

Jalan raya merupakan prasarana transportasi darat yang memegang peranan yang sangat vital
dalam sektor perhubungan terutama untuk kesinambungan mobilisasi orang dan distribus i
barang dan jasa. Ruas jalan Jhoni Anwar merupakan jalan Kolektor kelas III A yang menjadi
jantung pergerakan kendaraan di Kota Padang. Dari sisi jalan terlihat sarana-sarana pendidikan,
pangkalan militer dan tempat perbelanjaan yang mengakibatkan aktivitas meningkat seperti
lalu lalang kendaraan atau aktivitas disamping jalan baik pejalan kaki, kendaraan berhenti atau
parkir dan pedagang kaki lima (PKL). Untuk itu perlu dilakukan perencanaan sistem
transportasi agar pergerakan lalu lintas dapat berjalan dengan baik dan lancar. Cara yang
diperlukan untuk menganalisa kinerja jalan salah satunya adalah menganalisa hubungan
kecepatan, volume dan kepadatan dengan menggunakan model Greenshield. Dari hasil
penelitian pada tanggal 30 November 2015 kecepatan 20,23 km/jam, kepadatan 958,77
smp/jam, kapasitas 4865,74 smp/jam dan LOS E. Pada tanggal 02 Desember 2015 kecepatan
20,55 km/jam, kepadatan 955,81 smp/jam, kapasitas 4910,47 smp/jam dan LOS E. Pada
tanggal 05 Desember 2015 kecepatan 25,03 km/jam, kepadatan 609 smp/jam, kapasitas
3810,81 smp/jam dan LOS D.
Kata kunci : Jalan raya, Greenshield, Level Of Service (LOS)

References

Bina Marga (1997),

Manual Kapasitas Jalan Indonesia

(MKJI), Direktorat Bina Jalan Kota

(BINKOT)..

Bina Marga (1997),

Tata Cara Perencanaan Geometrik

Jalan Antar Kota, Departemen

Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal

Bina Marga.

Khisti, C. J dan Lall, B. K (2005),

Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi,

Penerbit Erlangga.

Lucia Ingrid Regina Lefrandt (2012),

Kapasitas dan Tingkat Pelayanan

Ruas Jalan Piere Tendean Manado

PadaArus Lalu Lintas Satu Arah,

TEKNSIPIL/Volume 10/No. 57.

Mashuri (2006),

Model Hubungan Kecepatan, Volume

dan Kepadatan Arus Lalu Lintas

Pada Ruas Jalan Arteri Kota Palu,

MEKTEK TAHUN VIII.

Miro, F (2005),

Perencanaan Transportasi,

Penerbit Erlangga.

PU (1990),

Panduan Survai dan Perhitungan

Waktu Perjalanan Lalu Lintas

Direktorat Pembinaan Jalan Kota,

Januari

Tamin, O. Z, (2000),

Perencanaan dan Pemodelan

Transportasi, Penerbit ITB,

Bandung,Edisi Kedua

Tamin, O.Z (1992),

Hubungan Volume Kecepatan dan

Kepadatan Lalu Lintas Diruas Jalan

H.R Rasuna Said, Jurnal Teknik Sipil,

Jurusan Teknik Sipil ITB

Downloads

Published

2016-06-14