ANALISIS KEBUTUHAN DAN KARAKTERISTIK PARKIR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. M. ZEIN PAINAN

Authors

  • Rocky Andesman
  • Fidel Miro
  • Tomi Eriawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan ruang parkir pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Zein Painan. Fasilitas parkir yang ada pada RSUD Dr. M. Zein Painan masihbelum memenuhi persyaratan dengan melihat jumlah tempat tidur dan pengunjung yang datang. Kurangnya lahan parkir ini mengakibatkan kesemberautan kendaraan di areal parkir dikarenakan kendaraan yang parkir pada tempat yang tidak seharusnya parkir. Jumlah ruang dan tingkat pelayanan dari fasilitas parkir, dapat memberikan gambaran tentang kebutuhan parkir pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Zein Painan dan mengetahui jumlah ruang parkir yang dibutuhkan dengan variabel - variabel yang ada seperti jumlah tempat tidur, jumlah para medis, jumlah dokter, jumlah pegawai dan pengunjung.
Pada tahapan pengumpulan data, metode yang digunakan adalah survey primer berupa observasi pada kawasan studi dan survey sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian untuk mengetahui kebutuhan parkir kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua adalah analisis akumulasi parkir, durasi parkir, indeks parkir, turn over parkir, analisis berdsarkan jumlah tenaga kerja rumah sakit, kebutuhan ruang parkir berdasarkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.
Hasil akhir yang diperoleh dari penelitian ini berupa kebutuhan ruang parkir yang dibutuhkan pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Zein Painan dari penghitungan berdasarkan analisis serta alternatif dan pemecahan masalah parkir rumah sakit.
Kata Kunci : Kebutuhan Ruang Parkir, Rumah Sakit, Alternatif

Downloads

Published

2016-06-16