PERENCANAAN TAMAN PINTAR DI KOTA PADANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA
Abstract
Perencanaan Taman Pintar Kota Padang merupakan sebuah sarana rekreasi wisata edukasi yang dirancanguntuk mengembangkan motivasi masyarakat, khususnya anak usia 6-12 tahun dalam memamahi prinsipprinsip
IPTEK dan ilmu sains dalam kehidupan sehari-hari. Materi yang dihadirkan pada Perencanaan
Taman Pintar ini adalah perwujudan dari ilmu-ilmu sains dan IPTEK yang menggunakan alat peraga
sebagai perantaranya. Tidak hanya alat peraga di dalam ruangan, namun para pengunjung juga diajak untuk
mempelajari ilmu-ilmu sains dan IPTEK di luar ruangan. Jl. Moh. Hatta Kecamatan Pauh dipilih sebagai
lokasi Perencanaan Taman Pintar Kota Padang adalah beradasarkan RTRW Kota Padang Tahun 2010-2030
yang menetapkan Kawasan Limau Manis sebagai Kawasan Pusat Pengembangan IPTEK dan Pendidikan di
Kota Padang. Pendekatan arsitektur yang dipakai pada perencanaan ini adalah arsitektur metafora yang
merupakan arsitektur yang mengadaptasi suatu bentuk kedalam konsep bangunan baik itu bentuk, tatanan
ruang ataupun fasade bangunan. Bentuk yang diambil adalah rubik, permainan pengasah otak yang
berbentuk kubus dan terdiri dari berbagai macam bentuk dan warna. Metafora bentuk segitiga rubik ular
diaplikasikan pada bentuk bangunan yang kemudian ditransformasi. Warna yang menarik dari rubik seperti
biru, merah, kuning, dan putih diaplikasikan pada fasade bangunan dengan tujuan menarik perhatian
pengunjung khususnya anak-anak yang tertarik dengan warna-warna cerah. Perencanaan Taman Pintar ini
diharapkan dapat memberi wadah baru bagi pendidikan khususnya anak usia 6-12 tahun selain sarana
rekreasi baru di Kota Padang.
Kata Kunci: rekreasi edukasi, sains, anak-anak, arsitektur metafora, rubik
Downloads
Published
2017-01-10
Issue
Section
Articles