IDENTIFIKASI PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DI KABUPATEN SOLOK SELATAN

Authors

  • wirda yulis
  • hamdi nur

Abstract

Abstrak
Peruntukan lahan pada suatu kawasan seharusnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan perlu dilakukan pengkontrolan, namun hal yang sering terjadi adalah adanya penyimpangan dari penggunaan lahan pada kawasan tersebut, seperti masih adanya kawasan lindung yang dijadikan kawasan pemukiman dan perkantoran. Hal ini disebabkan adanya faktor penambahan jumlah penduduk, dan kurangnya lahan untuk mendukung aktifitas yang di lakukan oleh masyarakat itu, sehingga kawasan lindung menjadi berkurang dan ini menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem yang berdampak serius bagi kehidupan manusia seperti bencana.
Analisis yang digunakan dalam studi ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif maupun kuantitatif yang meliputi analisis identifikasi penggunaan lahan, analisis perubahan penggunaan lahan, laju perubahan penggunaan lahan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan lahan.
Untuk perubahan penggunaan lahannya tersebar di beberapa kecamatan diantaranya kecamatan sangir yang di dominasi perubahan untuk pertanian lahan kering campur semak dan pertanian ahan kering campur semak berubah menjadi persawahan. Dan untuk pertanian lahan kering masih tersebar di kecamatan Sungai Pagu, Pauh Duo, Kecamatan Koto Parik GAdang Diateh, dan kecamatan Sangir Batang Hari. Dan untuk perkebunan masih di kecamatan Sangir Balai Janggo.
Kata Kunci : Lahan, Perubahan, Penggunaan

Downloads

Published

2013-03-25