ANALISA PENGEMBANGAN PANJANG DERMAGA DAN KAPASITAS TERMINAL PETI KEMAS (TPK) PELABUHAN TELUK BAYUR

Authors

  • Nuchgraha Cakra Perdana
  • Bahrul Anif
  • Bahrul Anif
  • Lusi Utama
  • Lusi Utama

Abstract

Perubahan tingkat sosial dan ekonomi di kota padang, mengakibatkan kota Padang mengalami
peningkatan serta pengembangan di segala aspek tidak terkecuali pelabuhan. Padang sebagai
pusat perekonomian di Sumatera Barat yang menjadi pintu gerbang kegiatan ekspor dan impor
barang dengan peti kemas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa panjang dermaga dan
kapasitas terminal serta memprediksi apakah dermaga dan terminal masih mampu menampung
arus kapal dan peti kemas untuk 20 tahun mendatang menggunakan metode regresi linear hasil
analisa didapat proyeksi pertumbuhan arus kapal dan kontainer, serta mengacu pada peraturan
UNCTAD. Terminal peti kemas Teluk Bayur memiliki fasilitas saat ini yatu dermaga wharf
dengan panjang 348 m dapat melayani 2 kapal, luas lapangan penumpukan sebesar 62.500 m2
dan waktu kerja selama 7200 jam/tahun. Hasil analisa menunjukkan pada tahun 2026 tingkat
pemakaian dermaga atau Berth Occupancy Ratio (BOR) telah melebihi nilai 50% dari
rekomendasi UNCTAD, bahwa dermaga sudah cukup sibuk. Panjang dermaga masih mampu
menampung kapal yang datang, dengan syarat BOR harus dibawah 50% jika diatas 50% maka
jumlah tambatan dan panjang dermaga perlu ditambah, kapasitas lapangan penumpukan dan
gudang Container Freight Station masih bisa menampung peti kemas hingga tahun 2022
sehingga diperlukan pengurangan waktu Dwelling Time dari 4 hari menjadi 3 hari atau
melakukan perluasan.
Kata Kunci : Peti Kemas, Berth Occupancy Ratio, Analisa Kapasitas, Dermaga, Regresi Linear

References

Triatmodjo, B., 2011.Perencanaan

Pelabuhan, Beta Offset, Yogyakarta.

Bhakty, T., 2007. Analisa

Pengembangan Terminal Peti Kemas

Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar,

Yogyakarta.

Situmorang, A., 2015.

AnalisisKapasitas Terminal Peti

Kemas Pelabuhan Boom Baru

Palembang, Lampung.

Hasibuan, S., 2009. Analisa

Kelayakan Ukuran Panjang

Dermaga, Gudang Bongkar Muat

Barang dan Sandar Kapal Study

Kasus Dermaga Ujung Baru –

Pelabuhan Belawan, Medan.

Soedjono, Kramadibrata., 2002.

Perencanaan Pelabuhan. Ganeca

Exact, Bandung.

PT. Pelabuhan Indonesia II, 2011,

Annual Report 2011, 2012, 2013,

dan 2015 Kantor cabang Teluk

Bayur.

Downloads

Published

2017-01-20