PERENCANAAN ULANG GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) RUAS JALAN BYPASS PADANG (STA 0+000 – STA 2+000)

Authors

  • Qelvin Jova Pratama
  • Mufti Warman
  • Indra Khaidir

Abstract

Ruas Jalan Padang ByPass merupakan jalan salah satu jalan nasional atau jalan ateri primer yang berada di Propinsi Sumatera Barat, yang menghubungkan antara Pelabuhan Teluk Bayur dengan Bandara Internasional Minang Kabau.Oleh karena itu pembangunan prasarana transportasi merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan.Tujuan dilakukan perencanaan ini adalah untuk menghasilkan suatu desain jalan yang baik, ekonomis, serta mampu memberikan pelayanan lalu lintas yang optimal. Untuk perhitungannya dibatasi dari Sta 0+00 – Sta 02+00 (perkerasan kaku).Metoda perencanaan perkerasan kaku mengacu pada metoda Bina Marga Nomor 02/M/BM/2013 yang berpedoman Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003 sementara perencanaan geometrik mengacu kepada peraturan Bina Marga dalam Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota 1997 (TPGJAK). Dari perhitungan Alinyemen Horizontal didapat dua bentuk tikungan yaitu Spiral-Sircle-Spiral (SCS) dan Full Circle (FC), pada perhitungan Alinyemen Vertikal didapatkan 1 lengkung cembung dan 2 lengkung cekung. Dari hasil perhitungan tebal perkerasaan kaku dengan pengolahan data diperoleh pertumbuhan lalulintas (4,1%), Lalulintas Harian Rencana 7896 kendaraan/hari untuk 4lajur 2 arah, CBR tanah dasar 5,9%, CBR efektif 25%. Tebal pelat pada perkerasan rencana 22 cm, persentasi rusak fatik dan erosi (< 100%), tebal perkerasan pondasi bawah (12,5cm), lantai kerja (LC) adalah 10cm. Sambungan menggunakan tulangan dowel Ø 33 mm, panjang 450 mm, jarak 300 mm. Dan tie bar menggunakan Ø 16 mm, panjang 700 mm, jarak 750 mm. Serta tulangan wire mesh Ø 8 mm – 150 mm.
125 Halaman, 11 Referensi
Kata kunci :AlinyemenHorizontal, Alinyemen Vertikal, CBR Tanah, LHR, Tebal Perkerasan Kaku.

References

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2003, PerencanaanPerkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003, Jakarta

Direktorat Jenderal Bina Marga,1997,Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, No.038/M/BM/1997.BinaMarga

http://pustaka.pu.go.id/files/pdf/BINAMARGA-01-B000058-Binder1.pdf), di akses september 2016

http://www.academia.edu/6718906/0_PERKERASAN_KAKU. diakses september 2016

http://rezaslash.blogspot.com/2012/12/perkerasan-kaku-rigid pavement.html, diakses oktober 2016

http://www.slideshare.net/Artawimbawa/perkerasan-kaku, diakses oktober 2016

http://eprints.undip.ac.id/33829/6/1625_chapter_II.pdf, diakses november 2016

Ir.Hartom,M.Sc, 2005, Perencanaan Teknik Jalan 1 (Geometrik), Jakarta

Saodang, H., 2004, Konstruksi Jalan Raya Buku 2 Perancangan Perkerasan Jalan Raya, Bandung : Nova

Shirley L. Hendarsin, 2000,Penentuan Praktis Perencanaan Teknik Jalan Raya, Bandung: Politeknik Negeri Bandung Jurusan Teknik Sipil

Sukirman, Silvia, 2010, Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur, Bandung : Nova

Downloads

Published

2017-01-20