PENGARUH HAMBATAN SAMPING PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL (STUDY KASUS : SIMPANG TANAH JUA BUKIT TINGGI)

Authors

  • Mefri Riski Oktavianus
  • Mufti Warman
  • Mufti Warman
  • Eko Prayitno
  • Eko Prayitno

Abstract

Persimpangan Tanah Jua Bukit Tinggi adalah persimpangan bersinyal. Arus lalu lintasnya cukup padat, serta kurangnya faktor disiplin sipemakai jalan dan ditambah dengan aktifitas hambatan samping pada persimpangan yang mengakibatkan berkurangnya lebar efektif jalan, yang berpengaruh pada kondisi lalu lintas pada jam-jam tertentu yaitu pada pagi, siang, sore hari. Lalu dilakukan kajian pengaruh hambatan samping pada persimpangan bersinyal. Metoda yang digunakan adalah metoda program kumputer kajian persimpangan bersinyal yang berupa data geometrik jalan, volume lalu lintas, dan hambatan samping. Dari hasil Dr-Ing. Ir. Ahmad Munawar.M.sc.survey tersebut dilakukan analisa untuk menghitung nilai kapasitas persimpangan, derajat kejenuhan, angka henti, tundaan geometrik rata-rata, tundaan total, dan panjang antrian. Lalu didapatkan nilai kapasitas 1480 smp/jam dan derajat kejenuhan 1,065 yang melewati batas yang diizinkan yaitu 0,8-0,9, angka henti 5,245 stop/smp, tundaan geometrik rata 7,9 det/smp, tundaan total didapat 713,6 det/smp, panjang antrian 615 m. Jadi, persimpangan ini jenuh dan panjang antrian yang besar.
199 Halaman, 5 Referensi.
Kata Kunci : Persimpangan, Lalu Lintas, HambatanSamping, Jenuh, Antrian.

References

Budiarto ahmad – mh mahmudah amirotul 2007 rekayasa lalu lintas.surakarta:kerja sama Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) dan UPT Penertiban dan Pencetakan UNS (UNS Press) Universitas Sebelas Maret Surakarta

Direktorat Jenderal Bina Marga (1997), Departemen Pekerjaan Umum, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997), Jakarta.

Khisty Jotin C. dan Lall Kent B. Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Ciracas, Jakarta: Erlangga.

Munawar,ahmad.2004.program komputer untuk analisis lalu lintas. Yogjakarta: beta offset.

Silvia, Sukirman Nova. 1994. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung.

Downloads

Published

2017-01-20