STUDI KINERJA RUAS JALAN PROF. DR. HAMKA KOTA PADANG

Authors

  • Rezky Zalmi
  • Fidel Miro
  • Hamdi Nur

Abstract

Ruas jalan Prof. Dr. Hamka, Kota Padang dalam RTRW Kota Padang Tahun 2010-2030 di rencanakan untuk dikembangan menjadi Jalan Arteri Sekunder. Jalan Arteri Sekunder ini berfungsi untuk melayani pergerakan dari sub-sub pusat pelayanan kota ke pusat pelayanan kota. Ruas Jalan Prof. Dr. Hamka Kota Padang merupakan bagian dari prasarana Kota Padang yang memiliki peranan penting untuk mendukung aktivitas penduduk Kota Padang, yang berfungsi sebagai prasarana penghubung untuk mobilitas arus orang, barang dan kendaraan. Ruas jalan Prof. Dr. Hamka saat ini memiliki aktivitas guna lahan samping jalan yang beragam,  sehingga memiliki tingkat kesibukan yang tinggi. Aktifitas guna lahan yang beragam ini nantinya akan menarik pergerakan untuk melintasi ruas jalan Prof. Dr. Hamka yang secara langsung mempengaruhi kondisi arus lalu lintas pada ruas jalan dan berpotensi menimbulkan titik konflik atau kemacetan yang akan menghambat arus pergerakan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja ruas jalan Prof. Dr. Hamka Kota Padang saat ini, diukur berdasarkan volume lalu lintas, kapasitas jalan, kecepatan perjalanan dan tingkat pelayanan jalan (Level of  Service). Setelah mengetahui kinerja ruas jalan kemudian diberikan alternatif penanganan lalu lintas untuk mengatasi kemacetan di Ruas Jalan Prof. Dr. Hamka Kota Padang.

Kata kunci: Kinerja Ruas Jalan, Volume Lalu Lintas, Kapasitas Jalan, Kecepatan Perjalanan, Tingkat Pelayanan (Level Of Service), Kemacetan.

 

Abstract

Hamka street at the city of Padang is planned in Padang spasial plan as arterial road that is function to serve the movement of the sub-city service center to city center services. Hamka street Padang City is part of the infrastructure of the city of Padang which has an important role to support the activities of the city of Padang, which serves as a connecting infrastructure for mobility flow of people, goods and vehicles. Hamka street currently has a road side land use activities are diverse, so it has a high level of activity. Activity of this diverse land will attract the movement to traverse Hamka street that directly affect the flow of traffic on the roads and potential points of conflict or congestion that would impede the flow of traffic movement. This study aims to determine how the performance of Hamka street city of Padang today, measured by the volume of traffic, the capacity of the road, travel speed and level of service (Level of Service). After knowing the performance of road then given an alternative treatment to overcome traffic congestion in  Hamka street Padang.

Keywords: Performance Roads, Traffic Volume, Capacity Road, travel speed, Service Level (Level Of Service), Congestion.

Downloads

Published

2017-01-23