IDENTIFIKASI TINGKAT PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI DI KAWASAN KOMPLEK GOR H. AGUS SALIM KOTA PADANG

Authors

  • Syahri Ferdiansyah
  • Tomi Eriawan
  • Lasti Yossi Hastini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pelayanan fasilitas jalur pejalan kaki dan melihat ketersediaan serta pemanfaatan  jalur pejalan kaki pada setiap koridor- koridor. Kawasan  GOR H. Agus Salim guna menilai aktivitas olahraga selain itu dalam penelitian ini merekomendasikan kebutuhan pejalan kaki, sarana pejalan kaki, serta menata kembali tata letak ruang bebas pejalan kaki dan meningkatkan atau memperbaiki kualitas/mutu trotoar seperti trotoar yang rusak bergelombang, pecah oleh instansi dan stakeholder terkait.

Pada tahapan pengumpulan data metode yang digunakan adalah survey sekunder berupa pengumpulan data instansi pemerintah dan survey primer berupa pengambilan data dilapangan/kawasan studi. Data-data yang dibutuhkan seperti kebijakan permen dan RTRW (sekunder) data dilapangan seperti jumlah pejalan kaki, kecepatan pejalan kaki, jalur pejalan kaki, sarana pejalan kaki, kepadatan pejalan kaki, ruang pejalan kaki, aktivitas kawasan serta jaringan jalan. Pada tahapan analisa, metode digunakan adalah metode LOS (tingkat pelayanan) metode deskriptif berupa perbandingan kebutuhan jalur pejalan kaki, dengan standar sarana serta ruang bebas pejalan kaki dan melihat tingkat kepuasan.

Kawasan studi kurang sesuai dengan penilaian dalam kebijakan RTRW Kota Padang, Dari segi fasilitas sarana pejalan kaki kurang memadai dan belum diatur sepenuhnya untuk jalur pejalan kaki , LOS (tingkat pelayanan, prasarana memuaskan dan tingkat LOS B setiap koridor dalam kawasan studi pada umumnya sudah baik, dilihat dari tingkat kepuasan kenyamanan, keselamatan kemanan tingkat pelayanan sedang. Ketersediaan prasarana menyebabkan hambatan samping karena penempatan tidak sesuai, Kesimpulannya identifikasi tingkat pelayanan fasilitas jalur pejalan kaki kawasan GOR. H. Agus Salim tidak sesuai dengan standar pelayanan, berdasarkan kebijakan, sarana, (LOS) tingkat pelayanan dan tingkat kepuasan

Kata kunci : Jalur Pejalan Kaki,  (LOS) Tingkat Pelayanan, GOR H. Agus Salim

                                               

Abstract

This study aims to identify the level of service facilities walking trails and see the availability and utilization of pedestrian paths on each corridors. H. Agus Salim GOR region in order to assess the sporting activity other than that in this study recommends the needs of pedestrians, pedestrian facilities, as well as reorganize the layout of free space walkers and enhance or improve the quality / grade pavement as sidewalks are broken bumpy, broken by agencies and related stakeholders. At the stage of data collection method used was survey data collection secondary form of government institutions and primary survey form field data collection / studyarea. These data are needed, such as candy and spatial planning policies (secondary) field data such as the number of pedestrians, the speed of pedestrians, pedestrian paths, pedestrian facilities, the density of pedestrians, pedestrian area, activity area and the road network. At the stage of the analysis, the method used is a method of LOS (level of service) in the form of comparative descriptive method needs pedestrian paths, with the standard of facilities as well as free space walkers and see the level of satisfaction The study area is less accordance with the assessment in the policy RTRW Kota Padang, terms of facilities pedestrian facility is inadequate and has not fully controlled for pedestrian pathways, LOS (level of service, infrastructure satisfactory and the level of LOS B each corridor within the study area generally been good, seen from the satisfaction levels of comfort, safety security service levels being. the availability of infrastructure cause side constraints because of the placement is not appropriate, the identification of the level of service facilities conclusion pedestrian paths GOR region. H. Agus Salim is not in accordance with the standard of service, based on policy, means, (LOS ) level of service and satisfaction

Downloads

Published

2017-01-23