GAME EDUKASI PENYELAMATAN KORBAN BENCANA GEMPA BERBASIS MULTI PLATFORM

Penulis

  • Irfan Yanuar Rohman Fakultas Komunikasi dan InformatikaUniversitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia

Abstrak

Gempa bumi adalah  bencana yang banyak memakan korban, ketidaktahuan tentang gempa bumi itu sendiri merupakan salah satu penyebabnya. Untuk itu perlunya edukasi tentang penyelamatan korban bencana gempa bumi. Game merupakan sarana hiburan yang dapat digunakan sebagai media edukasi  karena sifatnya yang menyenangkan dan mudah terekam di memori otak. Dengan hal tersebut penulis ingin membuat game edukasi tentang penyelamatan korban bencana gempa bumi berbasis multiplatform sebagai  media  pembelajaran  yang interaktif. Metodologi penelitian ini adalah metode SDLC (System DevelopmentLifeCycle) yang diturunkan menjadi tahapan  sistem secara berurutan dari  perencanaan,  analisa,  desain, implementasi,  pengujian  serta pengelolaan. Pengujian penelitian ini menggunakan pengujian blackbox dan pengujian usabilitas menggunakan kuisioner bagi responden yang telah menggunakan game edukasi. Hasil  penelitian  ini  adalah media pembelajaran berupa game edukasi dengan materi  penyelamatan korban bencana gempa bumi yang dibangun menggunakan construct 2 berbasis multiplatform yang dapat dimainkan di desktop dan mobile smartphone.

Diterbitkan

2017-01-29