GAME EDUKASI PENYELAMATAN KORBAN BENCANA GEMPA BERBASIS MULTI PLATFORM
Abstract
Gempa bumi adalah bencana yang banyak memakan korban, ketidaktahuan tentang gempa bumi itu sendiri merupakan salah satu penyebabnya. Untuk itu perlunya edukasi tentang penyelamatan korban bencana gempa bumi. Game merupakan sarana hiburan yang dapat digunakan sebagai media edukasi karena sifatnya yang menyenangkan dan mudah terekam di memori otak. Dengan hal tersebut penulis ingin membuat game edukasi tentang penyelamatan korban bencana gempa bumi berbasis multiplatform sebagai media pembelajaran yang interaktif. Metodologi penelitian ini adalah metode SDLC (System DevelopmentLifeCycle) yang diturunkan menjadi tahapan sistem secara berurutan dari perencanaan, analisa, desain, implementasi, pengujian serta pengelolaan. Pengujian penelitian ini menggunakan pengujian blackbox dan pengujian usabilitas menggunakan kuisioner bagi responden yang telah menggunakan game edukasi. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berupa game edukasi dengan materi penyelamatan korban bencana gempa bumi yang dibangun menggunakan construct 2 berbasis multiplatform yang dapat dimainkan di desktop dan mobile smartphone.