PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 KERINCI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kerinci, yaitu: (1) kemampuan siswa dalam memahami dan menulis puisi masih rendah; (2) siswa mengalami kesulitan dalam penentuan tema sehingga memengaruhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) siswa; (3) siswa kesulitan dalam menuangkan ide atau hasil pemikiran ke dalam bentuk bahasa tulis; (4) siswa tidak tertarik dengan metode yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penerapan pendekatan kontekstual dan motivasi belajar siswa terhadap keterampilan menulis puisi.Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini tentang puisi, yaitu teori Rokhmansyah, teori tentang motivasi, yaitu teori Uno dan Kompri, dan teori tentang pendekatan kontekstual, yaitu teori Sanjaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain faktorial (factorial design).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kerinci yang berjumlah 147 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sederhana dengan jumlah 48 siswa yang terdiri dari 24 siswa kelas X IIS 1 dan 24 siswa kelas X IIS 2. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam menulis puisi karena Fhitung 66,07> Ftabel 1,960. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi kelas eksperimen dengan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi kelas kontrol karena Fhitung 8,11> Ftabel 2,080. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah karena Fhitung 20,35> Ftabel 2,074. (4) Tidak terdapat interaksi antara penerapan pendekatan kontektual dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Kerinci karena Fhitung 1,989 <Ftabel 4,06 maka dapat dipahami bahwa tidak terdapat pengaruh antara penerapan pendekatan kontektual dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis puisi siswa dan dapat diartikan hipotesis alternatif (HI) ditolak. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi.Kata kunci: keterampilan menulis, motivasi, menulis puisi, pendekatan kontekstual.
Downloads
Published
2017-07-12
Issue
Section
Articles